Fiberglass Produk – Apa Sajakah Mereka?

19 May
by admin, posted in News   |  Comments Off

Pernah dengar istilah fiberglass? Fiberglass atau serat kaca adalah bahan sintetis yang dibuat dari plastik yang diperkuat dengan kaca dalam proses produksinya sehingga bahan ini tidak mudah pecah dibandingkan dengan produk kaca biasa dan secara estetika lebih indah dan menarik daripada produk plastik biasa.

Di Indonesia istilah ini umumnya populer di bidang konstruksi bangunan, terutama sering digunakan sebagai atap di jalan masuk rumah (corrugated sheet/ canopy) supaya tidak terlalu panas. Tetapi fiberglass tidak hanya dapat digunakan sebagai atap tersebut, ada banyak sekali fiberglass produk yang beredar di pasaran untuk berbagai macam aplikasi industri dan publik, ini adalah sebagaian contoh beberapa produk diantaranya:

  • Kapal – Perahu

Pada awalnya, kapal-kapal terbuat dari kayu. Namun, seperti yang kita ketahui, kayu mudah sekali busuk dan lapuk, terutama jika bersentuhan dengan air untuk waktu yang lama. Kemudian seiring dengan revolusi industri, mulailah kapal berbahan dasar plat besi diproduksi. Namun, kapal jenis ini tidak dapat bergerak dengan cepat dan secara estetika tidak terlihat indah. Kapal-kapal yacht dan speedboat pun lahir seiring kebutuhan untuk bergerak lebih cepat meningkat.

Speed Boat

Kapal yang merupakan salah satu fiberglass produk ini termasuk barang mewah dan memiliki kapal jenis ini berarti juga meningkatkan kedudukan seseorang di mata masyarakat.

 

  • Pipa – Leding

Pada awalnya, pipa terbuat dari timah atau plumbum (Pb) sehingga kata ini menjadi cikal bakal kata plumbing dalam bahasa Inggris atau leding dalam bahasa Indonesianya. Kegunaan pipa adalah untuk mengalirkan cairan dari satu tempat ke tempat lainnya. Oleh karena tingginya tingkat toksisitas timah jika dialiri cairan, maka sekarang lebih banyak produsen pipa beralih ke bahan-bahan lain untuk memproduksi pipa. PVC atau Polyvinyl Chloride lebih umum digunakan sebagai bahan pipa, namun ada juga produsen yang menggunakan fiberglass sebagai bahan bakunya. Pergantian ini juga disebabkan karena bahan plastik ini lebih ringan, tidak korosif dan mudah untuk dirangkai.

Pipa Fiberglass

Pipa Fiberglass merupakan salah satu fiberglass produk yang mungkin agak jarang kita temukan di Indonesia.

 

 

  • Delivery box – Motor box

Delivery Box mungkin terdengar sedikit asing di telinga kita, tetapi jika kita berbicara tentang jasa pengantaran makanan cepat saji, jasa kurir paket/ surat, kita pasti cepat sekali mengenali sepeda motor dengan kotak berlambang di boncengannya. Kotak itulah salah satu fiberglass produk kita selanjutnya, yaitu yang disebut delivery box.

Box KFCKeuntungan memiliki delivery box dibandingkan dengan kotak kayu biasa, kotak plastik atau malah rak yang ditutup terpal ada dua hal. Dari segi estetika delivery box fiberglass terlihat lebih indah dan menarik perhatian, juga dapat dibentuk sesuai keinginan pemesannya; misalnya berbentuk lambang perusahaan, sesuatu yang lucu atau bentuk yang mudah diingat orang.

  • Booth-Kiosk – Kios rombong

Booth FiberglassKios rombong masa kini adalah salah satu fiberglass produk yang paling sering kita temui di mall. Coba perhatikan penjual makanan kecil di mall-mall. Jika mereka berjualan di atas meja berwarna cerah dan berbentuk unik, anda telah menemukan kios rombong yang terbuat dari fiberglass.Booth Coffee Stop Booth/ Kios rombong seperti ini lebih mudah untuk dipindahkan karena lebih ringan dibandingkan meja yang terbuat dari kayu atau besi, dan lebih mudah untuk dibentuk sesuai dengan pesanan.

 

Masih banyak lagi fiberglass produk yang dapat kita temui di pasaran, seperti bodykit motor dan mobil yang dimodifikasi, papan skateboard, papan selancar, rangka payung dan lain-lain. Ringan, mudah dibentuk dan tahan lama adalah ciri khas dari bahan ini. Jika anda mencari bahan untuk membentuk sesuatu dengan karakteristik diatas, fiberglass adalah pilihan yang masuk akal.

(fcfibreglass)

 

Related Posts:

Tagged , , , , , , , , , , , , ,

Comments are closed.