Podcast: Definisi, Jenis, Manfaat, dan Cara Membuatnya

Share:
podcast adalah
Ilustrasi gambar: Vika Strawberrika – unsplash.com

Podcast adalah sebuah istilah yang sudah tak asing kita dengar. Semenjak adanya aplikasi Spotify, rekaman audio ini semakin populer di kalangan masyarakat terutama bagi para milenial. Meski sudah tak asing, masih banyak yang belum tahu secara jelas apa itu podcast, jenis dan manfaat podcast, serta cara membuatnya.

Untuk memahami lebih jelas, kali ini kita akan membahas lebih lanjut mengenai podcast. Yuk simak artikel berikut!

Apa Itu Podcast?

Berawal dari siaran audio penyiar mengenai topik tertentu dalam iPod, siaran rekaman ini semakin berkembang. Pada awalnya siaran ini hanya bisa didengarkan melalui iPod yang disiarkan atau broadcast.

Dari situlah muncul istilah “Podcast”. Pod juga merupakan singkatan dari play/personal/portable on demand. Istilahnya dalam bahasa Indonesia adalah siniar.

Podcast adalah rekaman audio penyiar atau host yang membahas topik tertentu seperti ilmu pengetahuan, bisnis, berita, hingga perjalan hidup. Kita bisa mendengarkannya di manapun dan kapanpun juga mengulangnya. Selain itu, topik yang ingin kita dengar bisa kita pilih semau kita dan melewati bagian yang tak ingin kita dengar.

Sebagai salah satu bentuk konten yang diminati masyarakat, kita bisa memilih secara bebas topik yang ingin kita dengarkan. Kurang lebih, podcast hampir mirip dengan konsep radio. Hanya saja, ketika kita mendengarkan radio, kita tidak dapat memilih topik sesuai keinginan melainkan mengikuti jadwal dari radio itu sendiri.

Berbagai aplikasi layanan musik digital seperti Spotify dan iTunes sudah menyediakan berbagai topik podcast. Untuk siniar yang berbentuk audio dan visual, bisa kamu temukan melalui YouTube.

Saat ini, para penyiar bahkan bisa mendapatkan uang dengan membuatnya. Para pendengar podcast juga bisa mengunduhnya sesuai dengan selera.

Apa Saja Jenis Podcast?

Setelah kita memahami pengertiannya, sekarang kita akan masuk ke pembahasan jenis-jenisnya. Jenis dari podcast sendiri berdasarkan pada metodenya. Berikut adalah tiga jenis dari siniar.

1. Solo Podcast

Jika dalam rekaman hanya terdapat satu penyiar dan dia monolog, maka siniar tersebut merupakan jenis solo podcast. Dalam keseluruhan isi rekaman, penyiar membahas topik tertentu tanpa lawan bicara. Banyak yang membuat jenis rekaman ini untuk mendapatkan passive income.

Karena hanya terdapat satu penyiar, biasanya solo podcast membahas pendapat dan pengalaman pribadi dari penyiar tersebut, berita yang sedang viral, atau membacakan cerita dari penggemar. Informasi yang penyiar berikan bersifat lebih linear atau hanya satu arah karena tanpa lawan bicara.

2. Interview Podcast

Berbeda dengan solo podcast, sesuai namanya, jenis siniar ini berbentuk sebuah wawancara. Dengan begitu maka penyiar memiliki lawan bicara dan berdialog. Penyiar akan melakukan wawancara terhadap narasumber atau tamu sebagai rekan yang membahas topik tertentu.

Meskipun terdengar mudah, kamu harus riset narasumber terlebih dahulu agar wawancara tetap berjalan lancar dan menarik. Selain itu, alangkah baiknya untuk melakukan pra-wawancara terlebih dahulu. Mengenal lawan bicara dengan baik akan membuatmu mampu menjaga percakapan.

3. Multi-host Podcast

Seperti namanya, siniar ini memiliki penyiar lebih dari satu. Dialog tercipta dengan sendirinya. Podcast jenis ini bertujuan untuk membuat diskusi dengan sudut pandang yang berbeda-beda mengenai suatu topik. Dengan begitu, konten akan menjadi lebih menarik.

Efek yang pendengar rasakan ketika mendengarkan multi-host podcast adalah merasakan atmosfer tongkrongan. Jadi, meskipun banyak orang yang berbicara, rekaman siniar akan tetap enak untuk kita dengar.

Kelebihan dan Manfaat Podcast

Konten digital sangat beragam mulai dari live streaming Instagram hingga short video TikTok. Setiap konten memiliki kelebihan dan manfaatnya masing-masing. Seperti podcast, konten yang berupa audio, memiliki sejumlah manfaat sebagai berikut.

1. Pilihan Topik Yang Tersedia Sangat Bervariasi

Sesuai dengan tujuannya yang bervariasi, tentu topik yang tersedia juga cukup banyak. Berikut adalah topik yang bisa kamu pilih dalam podcast.

  • Gaya hidup
  • Politik
  • Edukasi
  • Seni
  • Horor
  • Komedi
  • Romansa
  • Olahraga
  • Pendidikan
  • Teknologi
  • Kesehatan
  • Bisnis
  • Kesehatan

2. Tidak Ada Iklan

Pada umumnya, radio selalu memiliki iklan yang terdapat dalam interval waktu tertentu. Hal tersebut biasanya membuat pendengar bosan atau kurang nyaman. Sedangkan pada siniar, sekalipun tidak berlangganan, dalam sebuah siaran tidak akan terdapat iklan. Maka dari itu, kita akan nyaman dan lebih fokus mendengarkannya.

3. Bisa Kita Dengarkan di Manapun dan Kapanpun

“Pod” dalam podcast adalah singkatan dari portable on demand alias fleksibel untuk kita dengarkan kapanpun di manapun. Tanpa batasan waktu dan tempat, kita akan dengan mudah mengakses dan mendengarkannya. Bahkan, kamu bisa mengunduhnya untuk didengarkan pada waktu yang diinginkan.

4. Bisa Mendengarkan Sesuai Selera

Sifatnya yang berupa rekaman audio digital, kamu bisa skip untuk langsung mencapai detik atau menit tertentu dengan mudah. Kamu bisa mendengarkan siniar sesuai selera. Berbeda dengan radio yang tidak bisa kita skip karena kita mengikuti siaran radio secara real-time bukan rekaman.

Bagaimana Cara Membuat Podcast?

Kalau kamu berniat untuk membuat siniar, kamu perlu memahami terlebih dahulu aplikasi yang menyiarkannya. Seperti aplikasi iTunes, Spotify, Noice, YouTube, Podbean, Castbox, dan Anchor. Perhatikan cara kerja dan mengunggah podcastmu.

Jika sudah paham, sekarang kita akan membahas langkah-langkah yang wajib kamu perhatikan saat membuat podcast. Simak langkah-langkah berikut ini:

1. Menentukan Tema dan Niche

Pertama-tama yang paling utama, kamu harus menentukan tema terlebih dahulu. Tema atau topik ini berupa gambaran umum yang akan kamu kembangkan menjadi rekaman siniar nantinya. Pilihlah topik khusus atau niche yang memang kamu minati dan sukai agar penguasaan materi lebih kuat.

2. Pelajari dan Kuasai Materi

Setelah menentukan tema, selanjutnya kamu harus pelajari secara mendalam materi yang akan dibahas. Entah itu kamu menjadi penyiar sendiri, mewawancarai, atau bersama dengan penyiar lainnya, kamu tetap harus menguasai materi. Hal ini akan berpengaruh terhadap kelancaran perekaman.

3. Membuat Naskah

Bila terasa perlu, kamu bisa membuat naskah terlebih dahulu apalagi mereka yang akan membuat solo podcast. Naskah juga bisa menjadi kerangka alur percakapan apabila nanti rekamannya berbentuk wawancara atau multi-host.

4. Menyiapkan Tempat dan Alat Perekaman

Untuk hasil rekaman yang optimal, pastikan ruangan yang kamu gunakan kedap suara agar saat melakukan proses rekaman tidak ada noise atau bising. Bila kamu tidak memiliki ruangan kedap suara, kamu bisa menyewa studio khusus rekaman.

Setelah tempat siap, selanjutnya pastikan peralatan dalam keadaan yang baik. Peralatan tersebut mulai dari mikrofon, pop filter, headphone, perekam XLR portabel, stand mikrofon, komputer, digital audio workstation, dan software untuk mengedit. Sebaiknya jangan menggunakan mikrofon built-in tapi gunakanlah mikrofon terpisah.

5. Mengedit Rekaman dengan Editing Software

Salah satu perangkat lunak yang bisa kamu gunakan untuk mengedit rekaman adalah Audacity. Kamu bisa menyunting audio rekaman agar hasilnya menjadi lebih baik, entah itu menghapus noise maupun menambahkan backsound dalam rekaman.

6. Mengunggah Podcast

Selesai menyunting rekaman, kamu dapat mengunggahnya melalui platform yang sudah kamu pilih. Tambahkan judul, seri, kategori, dan deskripsi dari rekaman siniar kamu. Kamu juga bisa membuat cover terlebih dahulu untuk kamu gunakan sebagai identitasnya.

Salah satu tempat yang bisa mengunggah podcastmu ke beberapa layanan musik adalah Anchor. Sebagai pihak ketiga (third party), Anchor akan mengunggah podcastmu ke beragam platform mulai dari Google Play Music, Spotify, Stitcher, Overcast, hingga ke dalam platform anchor sendiri.

Sudah Siap Membuat Podcast?

Jika kamu sudah memahami bagaimana cara kerja podcast, sekarang saatnya waktu yang tepat untukmu bersiap-siap memulainya. Perangkat lunak maupun platform yang kamu gunakan untuk membuat siniar sangat mudah diakses dan gratis. Sebagai permulaan, kamu bisa mendengarkan berbagai rekaman terlebih dahulu untuk kamu jadikan referensi. Selamat bersiar!


© PT FOKUS CITRA PRIMA