Aplikasi Edit Video Untuk Pengguna Android dan PC Tahun 2022


Share:
aplikasi edit video

Anda anak muda yang selalu mengikuti perkembangan teknologi?. Pada zaman sekarang banyak sekali hobi yang menggunakan teknologi khususnya para anak muda milenial. Beraktifitas di luar ruangan seperti jalan – jalan ke tempat wisata atau tempat – tempat yang memiliki spot menarik menjadi kesenangan tersendiri.

Setiap aktifitas di luar ruangan saat melihat hal – hal menarik pasti akan mengabadikannya melalui kamera ponsel atau kamera digital. Dengan cara merekamnya, anda dapat mengabadikannya kemudian agar lebih bagus maka harus mengeditnya terlebih dahulu.

Anda dapat mengedit menggunakan aplikasi edit video terbaik android atau aplikasi edit video terbaik PC sesuai dengan kebutuhan. Kemudian carilah aplikasi edit video tanpa watermark agar hasil video tidak ada logo atau tulisan yang mengganggu.

Banyak pilihan aplikasi edit video yang ringan untuk android dan PC sehingga pengguna ponsel dan PC  berspesifikasi rendah dapat menjalankannya.

Aplikasi Edit Video Android Ringan

Beberapa aplikasi untuk mengedit video khusus pengguna android yang dapat anda jadikan pilihan, antara lain :

1. PowerDirector

Aplikasi edit video pertama yaitu PowerDirector yang mudah dan ringan penggunaannya. Rilis pertama kali di Play Store pada tahun 2014 yang memiliki ukuran download lumayan besar yaitu 71 MB.

Anda dapat mengedit video dengan hasil yang keren pastinya menggunakan efek, filter, musik, dan lainnya. Pengeditan video dapat anda maksimalkan karena dapat memproses video beresolusi 4k. Anda tidak perlu khawatir lagi karena hasil videonya nanti tanpa adanya watermark.

2. KineMaster

Aplikasi yang selanjutnya adalah KineMaster yang dapat anda unduh secara gratis. Muncul pertama kali di Play Store pada tahun 2013 dengan ukuran unduh lumayan kecil yaitu hanya 42 MB. Penggunaan yang mudah dan ringan membuat pengguna senang memakainya.

Fitur – fitur yang terdapat di dalamnya seperti berbagai macam efek, musik, gambar, filter, dan lainnya sehingga tidak membosankan. Terdapat fitur baru yang dapat kalian gunakan yaitu dapat menyimpan hasil editan menjadi animasi GIF. Dapat juga memproses hasil video sampai resolusi 4k 30fps. Namun jika anda ingin hasil video tanpa adanya watermark harus mengupgradenya menjadi pro atau membayar.

3. InShot

Selanjutnya adalah aplikasi InShot yang dapat kalian unduh secara gratis di Play Store. Rilis pertama kali pada tahun 2014 dengan ukuran unduh sebesar 44 MB saja.

Aplikasi ini cocok untuk pengguna smartphone yang aktif di media sosial karena efektif dan efisien untuk mengedit. Memudahkan dalam mengedit video dan bisa juga foto sebelum mengupload nya ke instagram, tik tok, dan lainnya.

4. Magisto

Aplikasi edit video android yang selanjutnya adalah Magisto yang dapat anda unduh secara gratis juga di Play Store. Perilisan pertama kali pada tahun 2012 dengan ukuran unduh 35 MB. Cocok juga untuk para pengguna smartphone yang aktif di media sosial karena mudah dan cepat.

Karena pengeditan video dalam aplikasi ini mudah dan cepat maka dapat anda selesaikan dalam hitungan menit seperti membuat short film. Fitur – fitur yang ada di dalam nya juga sama seperti aplikasi edit video android lainnya seperti filter, musik, dan lainnya.

5. VidTrim

Yang terakhir adalah VidTrim yang dapat anda gunakan secara gratis. Aplikasi ini rilis pertama kali pada tahun 2010 dengan ukuran unduh 36 MB. Tampilan yang sederhana membuat para pemula dalam mengedit mudah memahami fitur – fitur yang ada. Namun anda harus mengupgrade dengan membayar agar tidak ada watermark pada hasil video.

Aplikasi Edit Video Khusus PC

Terdapat juga aplikasi edit video yang hanya dapat anda jalankan pada PC. Ini adalah beberapa aplikasi edit video di PC, antara lain :

1. Adobe Premiere Pro

Yang pertama aplikasi untuk mengedit video khusus PC adalah Adobe Premiere Pro. Anda pasti sudah kenal dengan aplikasi edit video satu ini yang banyak videografer profesional menggunakannya karena banyaknya fitur. Rilis pertama kali pada tahun 2003 untuk sistem operasi windows dan dapat kalian unduh di website resminya dengan membeli.

Anda harus memiliki PC dengan spesifikasi yang tinggi agar dapat menjalankannya dengan nyaman. Fitur – fitur yang terdapat di dalamnya sangat banyak sehingga harus mempelajarinya terlebih dahulu agar paham saat menggunakannya.

2. Sony Vegas Pro

Siapa yang tidak kenal dengan Sony?. Sony mengeluarkan software edit video untuk PC pada tahun 2014. Aplikasi ini tidak kalah saing dengan software editing video dari adobe walaupun belum lama perilisannya.

Fitur – fitur yang ada juga bermacam dan banyak sehingga harus memahami terlebih dahulu saat menggunakannya. Anda juga harus membayar terlebih dahulu sebelum mendownloadnya karena aplikasi ini tidak free. Penggunaan PC juga harus memiliki spesifikasi yang tinggi agar dapat menjalankannya.

3. OpenShot

Selanjutnya yaitu OpenShot aplikasi edit video khusus PC. Rilis pertama kali pada tahun 2008 untuk para pengguna sistem operasi windows. Aplikasi ini tidak rumit dalam penggunaannya sehingga mudah untuk mempelajarinya, berbeda dengan aplikasi pro lainnya yang lama untuk memahaminya fiturnya. Dengan fitur – fitur yang lumayan, anda dapat mengunduhnya secara gratis melalui website resminya OpenShot.

4. Windows Movie Maker

Yang selanjutnya adalah aplikasi Windows Movie Maker. Software editing video ini sangat ringan sehingga cocok untuk pemula yang baru terjun ke dunia editing video. Aplikasi ini dirilis pada tahun 2011 dan dapat kalian unduh secara gratis di Microsoft Store.

Walaupun aplikasi editing ini ringan dan tampilan yang ringkas namun dapat mencangkup proses editing yang bagus hasilnya. Fitur – fitur yang ada tidak kalah dengan software editing video free lainnya.

5. VirtualDub

Terakhir adalah aplikasi VirtualDub yang dapat anda gunakan secara gratis. Aplikasi ini terbilang sangat ringan juga dan mudah untuk menggunakannya serta tampilan yang tidak rumit. Cocok juga untuk para pemula dalam mengedit video terutama para pengguna windows 7.

Manakah Aplikasi Edit Video Terbaik Pilihanmu?   

Dengan beberapa pilihan aplikasi edit video untuk android dan PC maka hasil video anda akan lebih bagus. Para editor pemula pasti mulai belajar editing dengan menggunakan aplikasi edit video yang ada di android karena masih mempelajari basicnya.

Kemudian saat sudah kenal dengan dasar – dasarnya maka dapat mengembangkannya ke software editing video di PC yang fiturnya lebih lengkap. Para pengembang aplikasi editing video juga mengembangkan aplikasinya disetiap platform agar setiap orang dapat menggunakannya dengan mudah.

Harapannya adalah anak muda yang ingin mengembangkan bakatnya dalam editing video melalui aplikasi ringan di android atau PC dapat tersalurkan. Masih banyak lagi aplikasi editing video di android lainnya yang dapat anda gunakan dimana saja dan kapan saja. Kemudian masih banyak juga aplikasi editing video untuk PC yang nantinya akan membuat anda lebih jago dalam edit video.


PT. FOKUS CITRA PRIMA