Bisnis Kuliner Online yang Menjanjikan, Hanya Dengan Modal Kecil!

Share:
cara bisnis kuliner online yang menjanjikan

Kuliner menjadi usaha bisnis yang tidak akan pernah ada matinya. Dari dulu hingga sekarang, kuliner menjadi ide bisnis yang selalu ramai dan berpotensi menguntungkan. Apalagi dengan adanya kecanggihan internet saat ini, bisnis kuliner seperti ini bisa kita lakukan secara online. Berikut ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara bisnis kuliner online yang menjanjikan hanya dengan modal kecil.

Dengan mengikuti cara berikut ini, kita bisa memiliki usaha kuliner online sendiri. Sehingga kita bisa memiliki sumber pendapatan tambahan yang tentunya akan membantu kondisi perekonomian kita. Selain itu, kita juga bisa mengembangkan skill kita dalam berbisnis serta dalam dunia kuliner.

Cara Bisnis Kuliner Online yang Menjanjikan dengan Modal Kecil!

1. Menentukan Target Pasar Bisnis Kuliner Online Kita

Cara bisnis kuliner online yang pertama adalah menentukan target pasar bisnis kuliner online kita. Sebagai seseorang yang ingin membuka bisnis, kita tentu harus melakukan hal yang satu ini. Karena dengan menentukan target pasar, maka kita bisa menyusun rencana kedepan agar target pasar tersebut bisa berhasil kita capai.

Menentukan target pasar berarti kita harus menentukan kuliner yang kita jual ini akan kita tujukan kepada siapa saja. Dalam hal ini, karena bisnis kuliner ini berbasis online, akan lebih efektif hasilnya apabila kita menargetkan kaum milenial sebagai target pasar kita.

Hal ini karena kaum milenial sendiri sudah tidak awam dengan yang namanya internet. Sehingga mereka pun bisa dengan mandiri mengakses bisnis online kita ini melalui internet. Hal ini akan menjadi poin penting ketika kita menentukan kaum milenial sebagai target pasar kita.

Berbeda halnya ketika kita menargetkan masyarakat yang masih awam dengan istilah internet. Terdapat kemungkinan besar bahwa bisnis kuliner online yang kita jalankan akan berjalan dengan kurang lancar. Hal ini karena masyarakat yang masih awam, akan memandang bahwa segala sesuatu yang online itu malah akan membuat ribet.

Mereka berpikiran bahwa melakukan order dengan langsung datang ke tempat merupakan cara yang lebih efektif daripada harus berpusing-pusing mempelajari bagaimana cara menggunakan internet. Padahal, internet sendiri sejatinya akan membantu manusia dalam berbagai aktivitas.

Nah, hal semacam ini juga perlu kita pertimbangkan agar bisnis kuliner kita bisa berjalan dengan baik nantinya.

2. Menentukan Jenis Makanan yang Ingin Kita Jual

Cara bisnis kuliner online yang selanjutnya adalah menentukan jenis makanan apa yang ingin kita jual. Cara yang satu ini masih sangat erat kaitannya dengan cara sebelumnya. Kedua cara ini saling berkaitan satu sama lain. Bagaimana bisa?

Setelah kita menentukan target pasar kita, tentunya kita juga harus menentukan jenis makanan apa yang ingin kita jual. Dalam menentukan jenis makanan ini, kita harus sangat memperhatikan target pasar yang sebelumnya sudah kita tentukan. Pastikan bahwa jenis makanan yang ingin kita jual, mampu memikat target pasar kita sehingga mereka membeli makanan kita.

Jangan sampai kita menentukan jenis makanan yang malah tidak disukai target pasar kita. Ketika kita melakukan hal itu, bisnis kuliner kita tidak akan berjalan sesuai dengan keinginan kita. Ini karena target pasar yang sejatinya harus kita fokuskan kebutuhannya, malah merasa bahwa bisnis kita ini sangat tidak cocok untuk mereka sendiri. Sehingga mereka akan tidak mau lagi mengunjungi bisnis online kita dan bisnis kita ini akan semakin menurun pendapatannya.

3. Menghitung Modal Awal untuk Bisnis Kuliner Online

Cara bisnis online yang ketiga adalah menghitung modal awal untuk bisnis kuliner online ini. Sebagai seorang pebisnis, apalagi dalam rangka membangun bisnis kuliner online dengan modal kecil, kita harus teliti dalam menghitung modal. Hal ini bertujuan agar keuangan kita bisa terus stabil dan kita juga bisa memperkirakan apakah kedepannya nanti hasil dari bisnis kita bisa menutupi modal awal atau tidak.

Ketika hal ini tidak kita perhitungkan dengan benar, bisnis kuliner online kita akan susah untuk kita jalankan. Kita tidak bisa mengetahui secara rinci apakah bisnis kita ini menguntungkan atau tidak. Hal ini tidak dapat kita ketahui karena modal awal yang tidak kita hitung sebelumnya.

Maka dari itu, menghitung modal awal sendiri sangatlah penting untuk menjalankan bisnis kuliner online. Karena dengan hal ini, kita bisa mengetahui bagaimana prospek bisnis kita kedepannya. Sehingga berbagai strategi pun bisa kita tentukan dengan lebih cepat dan tepat.

4. Menambahkan Promo Menarik pada Bisnis Kuliner Kita

Cara bisnis kuliner online berikutnya adalah dengan menambahkan promo menarik pada bisnis kuliner kita. Promo semacam ini, sebenarnya merupakan teknik marketing yang bertujuan agar orang-orang menjadi semakin tertarik dengan produk dari bisnis kita. Dengan adanya promo ini, orang-orang akan merasa bahwa mereka tidak boleh ketinggalan promo yang kita adakan ini.

Pengadaan promo semacam ini, bisa kita lakukan pada saat pembukaan bisnis kita pertama kali. Ini bertujuan agar orang-orang yang tadinya ragu untuk membeli, menjadi lebih yakin untuk membeli produk kita.

Hal ini karena ketika orang melihat ada produk kuliner baru, mereka pasti akan merasa ragu dan takut kalau makanan tersebut tidak enak. Ini seringkali membuat orang-orang mengurungkan niatnya untuk membeli jenis makanan baru tersebut. Dengan adanya promo, maka orang-orang semacam itu akan berpikir dua kali untuk mengurungkan niatnya.

Promo yang menarik, membuat mereka merasa bahwa meskipun nantinya makanannya tidak enak, paling tidak mereka bisa mendapatkan untung dari promo yang kita tawarkan ini. Dengan begitu, orang-orang pun akan memutuskan untuk mencoba membeli makanan kita.

5. Menyediakan Layanan Delivery Order

Cara bisnis kuliner online yang selanjutnya adalah menyediakan layanan delivery order. Delivery order sendiri merupakan layanan yang seharusnya dan semestinya ada pada sebuah bisnis online yang menawarkan sebuah produk. Layanan ini merupakan layanan yang akan memberikan jasa pengantaran barang dari kita ke pelanggan kita sehingga pelanggan hanya perlu duduk manis menunggu pesanannya datang.

Layanan yang satu ini sangat penting bagi bisnis kuliner online kita. Apalagi ketika kita berbicara tentang target pasar kita yaitu kaum milenial yang mana suka bersantai-santai. Kita harus bisa menyediakan layanan yang bisa memuaskan pengalaman mereka ketika membeli makanan di tempat bisnis kita.

Delivery order sendiri bisa kita adakan dengan tim kita sendiri maupun dengan menjalin kerjasama dengan mitra yang menangani layanan semacam ini. Ketika kita ingin menggunakan tim kita untuk menyediakan layanan ini, kita bisa meminta salah satu karyawan kita atau bahkan diri kita sendiri untuk mengantarkan makanan ke rumah pelanggan kita. Sedangkan untuk menjalin kerjasama dengan mitra, kita bisa menjadi partner dari penyedia layanan delivery order ternama seperti Gojek, Grab, Anterin, dan lain sebagainya.

Itulah Dia Cara Bisnis Kuliner Online yang Menjanjikan Hanya Dengan Modal Kecil!

Sebenarnya, poin utama dari berbagai cara di atas adalah bagaimana caranya kita bisa memenuhi permintaan pelanggan kita sehingga pelanggan merasa puas dan ingin selalu order di tempat kita. Ketika sudah mencapai hal itu, bisa dikatakan bisnis kita sudah berhasil diterima masyarakat sehingga lebih mudah lagi pengembangannya.


© PT FOKUS CITRA PRIMA