Fiberglass Material yang Serba Guna

Share:
patung mascot fiberglass

Apa itu fiberglass?

Fiberglass adalah bahan yang diproduksi dengan menggabungkan filamen kaca yang sangat tipis dikombinasikan dengan komposisi resin, biasanya poliester.

Fiberglass dapat disusun ulang, diratakan menjadi bentuk lembaran atau ditenun menjadi kain. Serat kaca awalnya dikombinasikan dengan resin poliester dan digunakan untuk isolasi wol. Kombinasi tersebut membuat komposit yang tahan lama dan menjadikan fiberglass cocok untuk digunakan oleh berbagai industri di seluruh dunia.

Fiberglass material bersifat ringan, tahan lama dan kuat. Fiberglass juga tahan benturan, tahan korosi dan memiliki rasio kekuatan terhadap berat yang sedang. Karena bersifat fleksibel, fiberglass dapat dibentuk menjadi berbagai macam perabotan, baik perabotan rumah tangga maupun barang-barang industri. Bahan isolasi suhu tinggi membuat fiberglass menjadi penghalang panas yang baik, bernilai tinggi dan serba guna.

Bagaimana Fiberglass Dibuat

Fiberglass terbuat dari kaca yang mirip dengan kaca yang terpampang di jendela atau gelas. Untuk membuat fiberglass, kaca dipanaskan hingga meleleh, kemudian ditekan melalui lubang yang kemudian menghasilkan filamen kaca yang sangat tipis sehingga fiberglass paling baik diukur menggunakan mikron.

Benang filamen fleksibel tersebut dapat digunakan untuk berbagai hal: dapat dijalin menjadi potongan bahan yang lebih besar atau dibiarkan dalam bentuk yang agak kurang terstruktur yang biasa digunakan untuk isolasi atau kedap suara. Aplikasi final fiberglas tergantung pada panjang untaian yang diekstrusi dan kualitas fiberglass itu sendiri.

Jenis dan Bentuk Fiberglass

Tergantung pada bahan baku yang digunakan dan proporsinya untuk membuat fiberglass, fiberglass dapat diklasifikan ke dalam berbagai jenis sebagai berikut:

  • A-glass: A glass atau yang biasa disebut sebagai kaca alkali bersifat tahan terhadap bahan kimia. Karena komposisinya, A-glass biasanya dibentuk menjadi kaca jendela. Di beberapa wilayah, A-glass juga digunakan untuk membuat peralatan proses.
  • C-glass: C-glass menawarkan ketahanan yang sangat baik terhadap dampak kimia dan biasa disebut sebagai kaca kimia.
  • E-glass: Juga disebut sebagai kaca listrik dan merupakan penghantar atau isolator listrik yang sangat baik.
  • AE-glass: Ini merupakan kaca tahan alkali.
  • S glass: Juga disebut sebagai kaca struktural dan dikenal karena sifat mekaniknya.

Fiberglass hadir dalam berbagai bentuk yang sesuai dengan kebutuhan, diantaranya:

  • Fiberglass Tape: Terbuat dari benang serat kaca dan dikenal karena isolasi termalnya. Bentuk fiberglass ini banyak digunakan di saluran pipa panas, wadah pembungkus, dan sebagainya.
  • Fiberglass Cloth: Kain fiberglass yang bersifat halus dan tersedia dalam berbagai varian. Bentuk fiberglass ini banyak digunakan sebagai pelindung panas dan sebagainya.
  • Fiberglass Rope: Tali yang dikepang dari benang serat kaca dan digunakan untuk keperluan pengepakan atau pembungkusan.

Sifat Fiberglass

  • Memiliki ketahanan yang tinggi – Fiberglass dikenal tahan terhadap sebagian besar asam kimia, kecuali asam flourida dan asam fosfat. Fiberglass juga tidak akan membusuk atau berjamur dan tidak terpengaruh oleh hewan pengerat atau serangga.
  • Insulasi listrik – Kekuatan dielektrik yang tinggi menjadikan fiberglass sebagai insulator listrik yang baik bahkan dalam ketebalan rendah.
  • Stabilitas dimensional – Fiberglass tidak akan meregang atau menyusut dan tidak sensitif terhadap variasi suhu.
  • Serba guna – Karena bersifat fleksibel, fiberglass dapat dibentuk menjadi berbagai macam kegunaan. Banyak pabrik yang menggunakan peralatan yang terbuat dari fiberglass.
  • Biaya efektif – Fiberglass cenderung lebih murah dibandingkan dengan material industri lainnya karenanya menjadi pilihan banyak pebisnis.

Kegunaan Fiberglass

Fiberglass merupakan material yang serbaguna dan dapat diubah menjadi berbagai bentuk barang dan kegunaan. Hampir 2 juta ton per tahun material unsaturated polyester resin (UPR) diproduksi di seluruh dunia, dan penggunaannya secara luas didasarkan pada sejumlah fitur selain biayanya yang relatif rendah, durability, tingkat kelenturan yang tinggi, tahan terhadap korosi.

Berikut beberapa contoh kegunaan produk fiberglass yang sering kita temui:

Penerbangan dan Antariksa

Material Fiberglass digunakan secara luas dalam industri penerbangan dan kedirgantaraan walau tidak sering dipakai untuk konstruksi pembuatan badan pesawat inti, karena ada bahan alternative yang lebih sesuai program industri penerbangan. Aplikasi Fiberglass yang umum dibuat digunakan sebagai engine cowlings, luggage racks, penutup instrument, bulk heads, ducting, storage bins, antenna enclosures.

Otomotif

Bagi para pecinta penggemar mobil, Chevrolet Corvette tahun 1953 telah memproduksi mobil keluaran pertamanya dengan menggunakan material fiberglass. Untuk pembuatan body mobil, material fiberglass tetap tidak dapat menandingi logam untuk skala produksi yang besar.

Namun, fiberglass memiliki kelebihan dalam pembuatan komponen pengganti bodykit. Biaya peralatan relatif rendah dibandingkan dengan rakitan mesin pres logam, bisa dibuat sesuai kebutuhan saja. Idealnya cocok untuk pasar yang lebih spesifik seperti komunitas otomotif penggemar modifikasi.

Kapal dan Kelautan

Sejak sampan pertama pada tahun 1942, ini merupakan saat tertinggi di mana material fiberglass digunakan sebagai properti untuk pembuatan kapal. Meskipun di waktu itu ada masalah dengan penyerapan air, resin modern saat ini telah semakin berkembang dengan baik, dan komposit terus mendominasi industri kelautan.

Faktanya, tanpa material fiberglass, para pemilik kapal tidak akan pernah mencapai tingkat seperti sekarang ini, karena metode konstruksi lainnya terlalu mahal untuk volume produksi yang tidak terlalu banyak dan tidak dapat diotomatisasi.

Elektronik

Material fiberglass banyak digunakan untuk pembuatan papan sirkuit (PCB), yang digunakan untuk pembuatan TV, radio, komputer, ponsel.

Medis

Karena porositasnya yang rendah, tidak meninggalkan noda, dan hasil akhir yang tahan aus, material fiberglass sangat cocok untuk aplikasi medis, mulai dari penutup instrument enclosures to X-ray beds (di mana transparansi X-ray sangat penting).

Material Fiberglass ada disekitaran kita, dan karakter unik-nya akan memastikan kalau material fiberglass masih tetap menjadi satu diantara komposit yang paling serbaguna dan gampang digunakan untuk berbagai aplikasi industri.


© PT FOKUS CITRA PRIMA