Industri Kreatif

Fiberglass Material yang Serba Guna

Written by admin Februari 26, 2020 0 comment

fiberglass adalah

fiberglass adalah

 

Apa itu fiberglass?

Fiberglass adalah bahan yang diproduksi dengan menggabungkan filamen kaca yang sangat tipis dikombinasikan dengan komposisi resin, biasanya poliester.

Fiberglass dapat disusun ulang, diratakan menjadi bentuk lembaran atau ditenun menjadi kain. Serat kaca awalnya dikombinasikan dengan resin poliester dan digunakan untuk isolasi wol. Kombinasi tersebut membuat komposit yang tahan lama dan menjadikan fiberglass cocok untuk digunakan oleh berbagai industri di seluruh dunia.

Fiberglass bersifat ringan, tahan lama dan kuat. Fiberglass juga tahan benturan, tahan korosi dan memiliki rasio kekuatan terhadap berat yang sedang. Karena bersifat fleksibel, fiberglass dapat dibentuk menjadi berbagai macam perabotan, baik perabotan rumah tangga maupun barang-barang industri. Bahan isolasi suhu tinggi membuat fiberglass menjadi penghalang panas yang baik, bernilai tinggi dan serba guna.

Bagaimana Fiberglass Dibuat

Fiberglass terbuat dari kaca yang mirip dengan kaca yang terpampang di jendela atau gelas. Untuk membuat fiberglass, kaca dipanaskan hingga meleleh, kemudian ditekan melalui lubang yang kemudian menghasilkan filamen kaca yang sangat tipis sehingga fiberglass paling baik diukur menggunakan mikron.

Benang filamen fleksibel tersebut dapat digunakan untuk berbagai hal: dapat dijalin menjadi potongan bahan yang lebih besar atau dibiarkan dalam bentuk yang agak kurang terstruktur yang biasa digunakan untuk isolasi atau kedap suara. Aplikasi final fiberglas tergantung pada panjang untaian yang diekstrusi dan kualitas fiberglass itu sendiri.

Jenis dan Bentuk Fiberglass

Tergantung pada bahan baku yang digunakan dan proporsinya untuk membuat fiberglass, fiberglass dapat diklasifikan ke dalam berbagai jenis sebagai berikut:

  • A-glass: A glass atau yang biasa disebut sebagai kaca alkali bersifat tahan terhadap bahan kimia. Karena komposisinya, A-glass biasanya dibentuk menjadi kaca jendela. Di beberapa wilayah, A-glass juga digunakan untuk membuat peralatan proses.
  • C-glass: C-glass menawarkan ketahanan yang sangat baik terhadap dampak kimia dan biasa disebut sebagai kaca kimia.
  • E-glass: Juga disebut sebagai kaca listrik dan merupakan penghantar atau isolator listrik yang sangat baik.
  • AE-glass: Ini merupakan kaca tahan alkali.
  • S glass: Juga disebut sebagai kaca struktural dan dikenal karena sifat mekaniknya.

Fiberglass hadir dalam berbagai bentuk yang sesuai dengan kebutuhan, diantaranya:

  • Fiberglass Tape: Terbuat dari benang serat kaca dan dikenal karena isolasi termalnya. Bentuk fiberglass ini banyak digunakan di saluran pipa panas, wadah pembungkus, dan sebagainya.
  • Fiberglass Cloth: Kain fiberglass yang bersifat halus dan tersedia dalam berbagai varian. Bentuk fiberglass ini banyak digunakan sebagai pelindung panas dan sebagainya.
  • Fiberglass Rope: Tali yang dikepang dari benang serat kaca dan digunakan untuk keperluan pengepakan atau pembungkusan.

Sifat Fiberglass

Memiliki ketahanan yang tinggi – Fiberglass dikenal tahan terhadap sebagian besar asam kimia, kecuali asam flourida dan asam fosfat. Fiberglass juga tidak akan membusuk atau berjamur dan tidak terpengaruh oleh hewan pengerat atau serangga.

Insulasi listrik – Kekuatan dielektrik yang tinggi menjadikan fiberglass sebagai insulator listrik yang baik bahkan dalam ketebalan rendah.

Stabilitas dimensional – Fiberglass tidak akan meregang atau menyusut dan tidak sensitif terhadap variasi suhu.

Serba guna – Karena bersifat fleksibel, fiberglass dapat dibentuk menjadi berbagai macam kegunaan. Banyak pabrik yang menggunakan peralatan yang terbuat dari fiberglass.

Biaya efektif – Fiberglass cenderung lebih murah dibandingkan dengan material industri lainnya karenanya menjadi pilihan banyak pebisnis.

Kegunaan Fiberglass

Fiberglass merupakan material yang serbaguna dan dapat diubah menjadi berbagai bentuk barang dan kegunaan. Beberapa contoh produk fiberglass dalam kehidupan sehari-hari dapat ditemukan di industri makanan dan minuman. Di industri minuman, fiberglass dapat ditemukan dalam pembuatan botol. Fiberglass sangat berguna bagi industri makanan karena dapat menahan darah dari daging hewan. Jeruji fiberglass digunakan untuk ketahanan slip dan menahan darah yang korosif. Selain itu, fiberglass juga memiliki harga yang terjangkau.

Hampir setiap rumah memiliki barang dari fiberglass di dalamnya, misalnya di bathtub atau mebel. Fiberglass juga terdapat dalam barang-barang elektronik, terutama digunakan pada pembuatan papan sirkuit pada televisi, radio, komputer, dan telepon genggam. Fiberglass juga terdapat pada kendaraan. Produk fiberglass bahkan digunakan di taman bermain. Fiberglass bersifat ringan dan hemat biaya dibandingkan dengan material lainnya. Dari seluncuran air hingga wahananya, fiberglass tahan lama dan tahan terhadap unsur cuaca buruk dan angin.

Karena kelebihan-kelebihan tersebut, fcfiberglass menghadirkan produk fiberglass yang berbeda dari biasanya. Hadir dalam bentuk box pengantaran pada motor, parasol, kiosk atau booth, dan produk fiberglass custom lainnya. Produk fiberglass kami terbukti tahan di berbagai macam cuaca, bersifat kuat, serta memiliki penampilan yang menarik perhatian konsumen. Produk fiberglass kami juga dapat dipesan sesuai dengan kebutuhan, misalnya untuk menunjukkan ikon atau maskot brand.