Peluang Pasar Bisnis Kuliner di Indonesia yang Perlu Kamu Ketahui!

Share:
peluang pasar bisnis kuliner

Sebagai kebutuhan dasar, makanan sudah pasti tidak akan pernah ada habisnya. Apalagi, ketika berbicara tentang seputar bisnis makanan, kamu pasti akan selalu berfikir apakah bisnis makanan akan ada habisnya? Tentu saja, untuk menjalankan bisnis kuliner kamu perlu mengetahui peluang pasar bisnis kuliner itu sendiri apalagi di Indonesia.

Indonesia adalah negara yang memiliki berbagai macam daerah serta budaya. Indonesia juga membawa banyak variasi dalam pilihan makanan yang bisa kamu pilih. Yang pasti, makanan lokal nusantara juga seringkali menjadi peluang pasar bisnis kuliner Indonesia.

Adanya peluang bisnis kuliner di Indonesia tentunya ada karena gaya hidup masyarakat secara mayoritas di Indonesia. Faktor utama gaya hidup masyarakat seperti konsumtif adalah salah satu hal yang menjadi alasan untuk adanya peluang bisnis kuliner di Indonesia yang begitu besar. Hal ini memicu bagaimana konsumsi dari pembelian produk kuliner di Indonesia.

Faktor Peluang Pasar Bisnis Kuliner di Indonesia

Selain itu, faktor gaya hidup kedua yang menyebabkan peluang bisnis kuliner di Indonesia adalah bagaimana pola hidup masyarakat Indonesia yang tidak memiliki banyak waktu.

Sering terjadi di kota – kota besar, perilaku konsumtif masyarakat biasanya didorong juga karena adanya kebutuhan waktu yang tidak cukup karena sudah menghadapi macet di jalan.

Sebagai salah satu sektor di bidang perekonomian kreatif, bisnis kuliner di Indonesia menyumbang sebesar 34% dominasi. Artinya, perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia sebanyak 34% datang dari sektor kuliner. Hal tersebut tentunya akan semakin mudah dalam membidik pasar bisnis kuliner.

Tentunya, di negara ini bisnis kuliner sudah merambah dan berkembang ke seluruh tempat dari pasar tradisional hingga foodcourt modern yang ada di dalam mal. Jenis kuliner yang ditawarkan juga sudah pasti beragam. Selain makanan utama, kamu bisa melihat berbagai snack ataupun minuman yang ada di sekitarmu.

Saat ini bisnis kuliner sudah sangat berkembang. Salah satunya dalam kemasan ataupun cara mengkonsumsinya.

Semakin hari, kamu pasti bisa menemukan bagaimana setiap orang bisa mendapatkan penyajian yang praktis dalam mengkonsumsi makanan ataupun minuman. Selain itu, perkembangan dari bisnis makanan ini juga sudah sampai ke cara penjualannya.

Platform penjualan dari bisnis kuliner yang ada sudah menggunakan berbagai media. Mungkin awalnya kita mengingat bagaimana bisnis kuliner memperjualkan produknya pada tempatnya langsung.

Tetapi pada perkembangan jaman dan teknologi ini, banyak media yang bisa membantu bisnis kuliner ini untuk menjualkan makanannya dari jarak jauh.

Sudah pasti ketika membahas perkembangan bisnis kuliner, kamu bisa menemukan banyak hal yang bisa kita bahas. Hari ini, kamu akan belajar bagaimana semua perkembangan yang ada ini akan menjadi peluang pasar bisnis kuliner kamu.

Mengapa Bisnis Kuliner di Indonesia?

Ada banyak alasan untuk kamu apabila kamu ingin memulai bisnis kuliner di Indonesia. Karena kamu berada pada negara dengan variasi jenis makanan yang ada, kamu memiliki banyak sekali area untuk memulai bisnis kuliner kamu.

Tidak hanya itu, ada beberapa alasan mengapa bisnis kuliner menjadi pilihan prospek bisnis kuliner di Indonesia yang menjanjikan.

1. Potensi Pasar Besar

Sudah pasti makanan dan minuman adalah kebutuhan dasar dari manusia. Yang berarti, setiap hari orang akan melakukan pembelian terhadap makanan dan minuman secara terus menerus.

Konsumsi secara terus menerus ini yang bisa menjadi peluang untuk kamu sebagai salah satu opsi ketika seseorang akan melakukan pembelian untuk memenuhi kebutuhan dasarnya.

Seperti pada umumnya, orang akan prioritas untuk membeli makanan dan minuman ketimbang ketika melakukan pembelian pada barang sekunder seperti contohnya elektronik.

Setiap orang sudah pasti akan menunggu waktu yang cukup lama untuk mengumpulkan uang dan melakukan pembelian. Dan elektronik sudah pasti adalah barang dengan ketahanan lama.

2. Modal yang Terjangkau

Memulai bisnis kuliner bisa menjadi usaha yang sangat fleksibel. Hal ini dikarenakan modal yang kamu perlu keluarkan tidak harus berjumlah banyak. Jumlah produksi yang kamu lakukan pada produk kuliner kamu bisa kamu sesuaikan dengan modal yang kamu miliki. Kamu juga bisa menggunakan beberapa alat yang sudah kamu miliki di dapur.

3. Variasi Jenis Makanan

Usaha kuliner mempunyai banyak sekali jenis varian makanan yang bisa kamu jual. Mulai dari makanan berat, cemilan, jajanan, lauk, dan minuman.

Jumlah varian banyak ini akan membantu kamu untuk membagi pangsa pasar untuk makanan yang kamu jual. Misalnya kamu memutuskan untuk menjual jajanan pasar. Pastinya, saingan kamu akan berada pada penjual jajanan pasar saja

Selain itu, kamu juga bisa membandingkan variasi tertentu dengan variasi lainnya. Kira-kira kamu bisa menilai varian makanan mana yang ingin kamu kuasai. Misalkan kamu ingin menjual kuliner masakan padang. Maka dari itu, kamu hanya perlu membandingkan makanan kuliner padang milk kamu dengan makanan kuliner padang lainnya saja.

Peluang Pasar Bisnis Kuliner

Ketika memulai bisnis kuliner di Indonesia, ada beberapa catatan yang perlu kamu perhatikan. Berada dalam bisnis kuliner tentunya bisa mendatangkan pasar dengan mudah.

Tetapi yang menjadi tantangan adalah untuk menguasai konsumen dan mencari peluang pasar bisnis kuliner yang tepat. Ada beberapa peluang usaha yang bisa kamu pertimbangkan.

1. Bisnis Kuliner Nusantara

Untuk menjadi warga di Indonesia, kamu bisa mencoba membuat bisnis kuliner nusantara. Hal ini bisa mendekatkan cita rasa konsumen kamu dengan makanan lokal yang sudah ada. Yang menjadi catatan untuk bisnis kuliner milik kamu adalah bagaimana kamu menguasai satu varian makanan nusantara.

Misalkan kamu ingin membuat kuliner Jawa Timur, maka kamu bisa mencoba untuk membuat bisnis kuliner Rawon ataupun Bakso Malang. Kemudian kamu bisa menguasai daerah dari varian makanan yang kamu bangun dan memiliki beberapa varian di bisnis kuliner kamu. Misalnya kamu menjadikan bisnis kuliner kamu sebagai kuliner khusus Jawa Timur dan menyediakan Bakso Malang dan Rawon.

2. Inovasi Resep Lokal

Yang kedua kamu bisa menguasai fundamental dari makanan yang akan kamu jual. Sebelum melakukan improvisasi rasa dan mengembangkan resep, kamu bisa menjadikan makanan kamu sebagai ciri khas dari bisnis kuliner kamu.

Sebagai resep lokal, sudah pasti ada beberapa elemen utama yang menjadi pembentuk makanan atau minuman yang ada. Tetapi dengan inovasi resep yang kamu lakukan bisa menciptakan pengalaman baru untuk konsumen.

Misalkan Shi-lin Snack rasa Indomie. Bisnis kuliner kekinian tersebut menggabungkan cemilan ayam krispi dengan rasa Indomie di Indonesia.

3. Culinary Tour Guide

Peluang pasar bisnis kuliner selanjutnya yang belum banyak dilihat oleh orang adalah bagaimana makanan lokal bisa menjadi ikon untuk turis. Kamu bisa menjadikan bisnis kuliner nusantara kamu sebagai culinary tour guide.

Yang dimaksud culinary tour guide adalah bagaimana kuliner yang kamu jual menjadi sebuah tuntunan untuk para turis yang datang ke Indonesia untuk mencicipi cita rasa lokal. Dalam kata lain, kamu bisa menjadikan kuliner yang kamu jual sebagai pengenal turis terhadap makanan asli di Indonesia

Sudah Tahu Peluang Bisnis Kuliner di Indonesia?

Itulah beberapa sedikit penjelasan untuk peluang pasar bisnis kuliner di Indonesia. Membangun bisnis kuliner pastinya adalah hal yang beresiko. Tetapi, ketika kamu sudah mempunyai genggaman pada peluang apa yang kamu inginkan, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang besar!


© PT FOKUS CITRA PRIMA