Tips Sukses Bisnis Kuliner Semakin Laris untuk Pemula

Share:
tips sukses bisnis kuliner

Kuliner menjadi salah satu ladang bisnis yang cukup subur untuk menuai pundi-pundi uang. Besarnya peluang membuat banyaknya pebisnis di bidang serupa. Terlebih lagi masyarakat kita, utamanya anak muda gemar sekali mencicipi jajanan kuliner. Bagi para pengusaha yang akan memulai bisnis, tips sukses bisnis kuliner berikut akan menjadi acuan yang tepat.

Menjalankan bisnis dalam bidang yang paling banyak peminat sekalipun bukan perkara mudah. Selalu ada hambatan yang mungkin terjadi. Oleh karena itu sebaiknya sebelum merintis bisnis baru, kamu bisa memperhatikan tips usaha kuliner untuk pemula berikut.

Tips Sukses Bisnis Kuliner

Ada banyak hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum membuka usaha kuliner. Mulai dari rancangan produk hingga teknis penjualan yang akan kamu terapkan. Tips berikut akan berguna bagi kamu yang ingin memulai usaha kuliner utamanya bagi pemula, supaya bisnis dapat berkembang pesat dan memiliki banyak konsumen setia.

1. Temukan Keunikan Produk

Salah satu strategi pemasaran yaitu memiliki produk yang unik, baik secara konsep maupun cita rasa. Sebuah produk kuliner dapat menjadi brand besar ketika mampu bersaing bahkan menonjol dari produk lain.

Sehingga, meskipun terdapat banyak produk kuliner dengan jenis serupa konsumen tetap dapat melihat perbedaan dan keunikan produk tersebut. Tips pertama yang perlu kamu lakukan untuk memulai bisnis kuliner adalah menentukan keunikan produk makanan yang akan kamu jual.

Apa hal yang membedakan produk kamu dengan brand kuliner lain dan mengapa konsumen perlu memilih produk kamu daripada produk kompetitor. Penting untuk menentukan unique selling point karena hal tersebut yang akan memberikan alasan untuk konsumen memilih produk kamu.

Memiliki produk yang unik belum cukup, kamu perlu juga mempertimbangkan target pasar yang akan menjadi sasaran bisnis.

2. Menentukan Lokasi Bisnis Strategis

Penting bagi pengusaha memastikan apakah usaha kulinernya akan ramai pembeli atau tidak. Salah satunya dengan memperhatikan lokasi bisnis kuliner kamu. Apakah orang sekitar bisnismu akan tertarik membeli produk makanan tersebut atau tidak.

Mendirikan usaha kuliner harus sesuai kondisi masyarakat setempat. Dengan melihat kebutuhan lingkungan sekitar, daya beli, serta minat masyarakat yang ada dalam lingkup bisnis kamu nanti. Tips sukses ini akan membantu bisnis kuliner menjadi mudah berkembang.

Contohnya, jika kamu ingin membangunusaha kopi maka lokasi yang paling tepat untuk mendirikan bisnis adalah lokasi di perkotaan, lokasi yang banyak anak kos atau dekat kampus. Sebab, konsumen yang paling sering membeli kopi di kafe atau kedai adalah mahasiswa.

3. Mengamati Target Pasar

Tips lain yang tidak kalah penting yang harus kamu perhatikan sebelum  membuka usaha kuliner yaitu dengan mengamati target pasar. Kamu perlu menentukan target pasar yang akan menjadi sasaran bisnis nantinya.

Lapisan masyarakat mana yang akan membutuhkan produk kuliner kamu dan apa keuntungannya. Selain itu penting untuk melakukan survei pasar, baik dari bisnis kompetitor atau dari melihat ulasan konsumen yang ada pada bisnis kompetitor.

Survei yang bisa berupa survei harga, jenis makanan yang sedang banyak konsumen sukai, serta kekurangan yang belum ada pada bisnis kompetitor. Maka, dengan begitu bisnis kamu akan menjadi lebih menarik.

4. Desain Produk Menarik

Memiliki konsep atau desain produk yang menarik menjadi hal wajib dalam setiap usaha apapun, tidak menutup kemungkinan terhadap usaha kuliner kamu. Tips selanjutnya yang akan membuat sukses bisnis kuliner kamu yaitu dengan mendesain produk dengan menarik.

Kamu dapat berkreasi dengan citarasa maupun kemasan produk. Packaging, harga, konsep serta menu kuliner yang bervariasi dan kreatif. Hal ini mampu menarik perhatian dan minat konsumen dalam sekali melihat bisnis kuliner kamu.

Lalu bagaimanakah caranya mempertahankan keunikan bisnis setelah mendesain sedemikian rupa? Langkah selanjutnya kamu perlu menerapkan SOP bisnis.

 5. Terapkan SOP

Pada umumnya semua jenis bisnis baik produk atau layanan/jasa  memiliki Standar Operasional System masing-masing. Tips ini merupakan hal utama yang tidak boleh terlewat jika ingin memulai sebuah bisnis kuliner.

SOP menjadi acuan pasti yang akan kamu gunakan selama perjalanan bisnis serta semua orang yang terlibat didalamnya, seperti pegawai, supervisor bahkan owner. Menerapkan SOP yang konsisten akan membuat alur kerja dan bisnis menjadi konsisten juga.

Berbeda dengan job description, SOP akan menjadi aturan wajib yang terperinci untuk menjaga kelangsungan bisnis yang sehat dan teratur. Hal ini perlu kamu jelaskan dengan baik pada pegawai maupun pihak yang memiliki campur tangan langsung dalam alur kerja bisnis kamu nantinya.

Jika sudah menentukan SOP, tips sukses selanjutnya yang perlu kamu lakukan agar bisnis kuliner ramai yaitu promosi. 

6. Promosi

Online marketing menjadi salah satu langkah penting yang krusial dalam menjalankan bisnis apapun. Sebagai salah satu bisnis yang paling menjanjikan terutama ketika pandemi, para pengusaha bisnis kuliner wajib hukumnya untuk melakukan promosi.

Baik promosi secara online maupun offline, akan sangat membantu brand building bisnis kuliner kamu. Promosi dapat dilakukan dengan mengoptimalkan media sosial, membuat website bisnis kuliner, bekerja sama dengan platform e-commerce dan bekerja sama dengan influencer.

Saat ini promosi secara online akan lebih efektif dan tepat sasaran karena jangkauannya yang besar dan cepat. Mengingat penggunaan media digital era ini juga begitu meningkat, membuat banyak konsumen aktif secara online.

Jika kamu ingin mengoptimalkan promosi online, kamu dapat menerapkan langkah-langkah tersendiri atau membangun tim khusus yang akan menjadi marketing online bisnis kamu.

Tips diatas bisa kamu terapkan supaya sukses dalam memulai dan mengembangkan bisnis kuliner. Banyak hal yang perlu kamu persiapkan untuk meningkatkan brand awareness bisnis kuliner yang akan kamu dirikan.

Bisnis kuliner yang sukses dan menuai respon positif dari konsumen, bahkan menjadi franchise yang berkembang pesat. Beberapa contohnya yakni bisnis kuliner minuman seperti Gulu Gulu, Chatime, Dunkin Donuts, Sei Sapi Kana, Gacoan dan masih banyak lagi brand kuliner yang sukses.

Sudah Siap Memulai Bisnis Kuliner?

Tips sukses bisnis kuliner diatas merupakan langkah-langkah yang perlu kamu lakukan sebelum memulai usaha kuliner . Supaya bisnis kuliner mampu berkembang dengan baik dan bertahan lama, bahkan menjadi yang paling menonjol diantara para kompetitor lain.

Sebuah brand menjadi sukses ketika banyak konsumen yang melakukan repeat order pada produk makanan kamu, berapapun harganya. Jika hal ini terjadi, artinya bisnis kuliner kamu mendapatkan kepercayaan konsumen.

Bagaimana, sudah siap menjadi sukses melalui bisnis kuliner? Jangan lupa untuk menerapkan tips sukses bisnis kuliner ini. Semoga ulasan ini akan bermanfaat untuk kamu yang ingin memulai bisnis kuliner dan berguna bagi kamu yang tertarik membaca tips bisnis.


© PT FOKUS CITRA PRIMA