Usaha Makanan Sehat dan Menguntungkan di Masa Pandemi

Share:
peluang usaha makanan sehat
Ella Olsson/ Unsplash.com

Semenjak wabah virus corona mulai memasuki Indonesia, kondisi ekonomi di negara kita pun juga terkena dampak dan merembet sampai ke peristiwa pemutusan hubungan kerja sampai dengan ruginya beberapa bisnis usaha.

Tak hanya itu, mudahnya proses penularan virus penyebab penyakit covid-19 ini juga memaksa orang untuk selalu waspada dan berusaha untuk memelihara daya tahan tubuhnya. Cara yang dapat masyarakat lakukan adalah menerapkan gaya hidup teratur dan mengkonsumsi manfaat makanan sehat.

Berkat penerapan gaya hidup inilah yang membuat berbagai jenis usaha makanan sehat akan semakin menjanjikan karena dapat memenuhi permintaan masyarakat akan kebutuhan makanan sehat saat pandemi. Hikmah lain di masa covid-19 ini adalah semakin maraknya dunia perdigitalan termasuk halnya bisnis online.

Contoh Bisnis Usaha Makanan Sehat Online

Tak dapat kita pungkiri bahwa semakin banyaknya korban covid-19 di negara ini memaksa masyarakat untuk tetap menjaga diri dari kerumunan dan lebih banyak melakukan aktivitas di rumah.

Terima kasih kepada siapapun yang telah menciptakan beragam teknologi informasi mutakhir karena telah berjasa dalam menyelamatkan nasib banyak warga dunia. Berkat teknologi saat ini, beberapa kalangan masyarakat tetap mampu beraktivitas ataupun membangun bisnis usaha meski hanya mendekam di dalam rumah.

Selama manusia masih harus bertahan di tengah kondisi dunia yang sedang berusaha melawan wabah virus ini, warga pun juga perlu menjaga diri dengan menerapkan protokol kesehatan sampai dengan konsumsi manfaat makanan sehat.

Semakin tinggi permintaan masyarakat akan asupan makanan bergizi membuat usaha makanan sehat ini semakin dilirik dan diminati. Industri yang bergerak di bidang pangan sejatinya memang tak pernah sepi oleh pembeli.

Adapun contoh bisnis makanan sehat yang dapat kamu kembangkan demi meraup banyak untung di tengah pandemi saat ini antara lain:

1. Jus Buah dan Sayur

Sudah tidak heran lagi jika buah dan sayur merupakan salah satu jenis makanan sehat andalan yang kaya akan kandungan vitamin, antioksidan serta mineral yang penting untuk tubuh.

Oleh karena besarnya manfaat makanan sehat satu ini, kamu dapat mengembangkan potensi manfaat buah dan sayuran ini menjadi olahan jus yang lezat dan menyegarkan.

Banyak masyarakat yang suka dengan olahan jus karena bersifat praktis dan dapat memberi rasa yang lebih enak dibanding dengan memakan buah atau sayur secara langsung.

Kamu juga dapat menyediakan berbagai varian menu dari beragam sayur, buah, sampai dengan menu jus yang terbuat dari campuran keduanya. Semakin banyak variasi, pembeli akan lebih banyak memiliki opsi menu sesuai yang mereka mau.

Jenis usaha makanan sehat ini sangat cocok kamu sediakan untuk kalangan masyarakat yang sibuk maupun yang kurang suka dengan sayur atau buah tertentu.

2. Salad Sayur Atau Buah

Peluang usaha makanan sehat berikutnya adalah salad buah atau sayuran. Jenis makanan ini dapat memadukan beragam jenis sayur maupun buah dengan tambahan dressing atau kuah yang nikmat.

Umumnya olahan salad ini menggunakan bahan makanan yang masih baru dan segar sehingga manfaat makanan sehat ini sangat bagus untuk tubuh. Dalam mengkonsumsi salad pun akan memberikan ragam rasa yang tak monoton.

Hal ini karena jenis bahan dalam olahan salad umumnya lebih dari satu serta adanya dressing yang semakin menambah cita rasa lezat dari sebuah salad. Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika akan membuka usaha salad sayur maupun buah adalah pertimbangan pilihan bahan dan dressing yang tepat.

Pilihlah kombinasi sayur maupun buah yang enak disantap secara bersamaan. Selain itu, gunakan juga jenis dressing yang mampu mendukung dan menambah cita rasa yang pas dan tidak bertabrakan. Hindari penggunaan dressing salad yang berlebihan karena khawatir akan mengurangi manfaat sehat dari sebuah salad.

3. Sayur dan Buah Organik

Sayuran dan buah organik adalah contoh makanan sehat saat pandemi yang patut masyarakat luas konsumsi. Jika kamu memiliki lahan yang cukup luas untuk menanam sayur ataupun buah, maka manfaatkanlah untuk menumbuhkan bahan makanan organik tanpa pestisida atau bahan kimia lainnya.

Apalagi tren berkebun selama masa covid-19 ini semakin marak di tengah-tengah masyarakat. Selain dapat mengisi waktu senggang, saat panen pun akan membawa banyak keuntungan baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain jika kamu jual.

Tak perlu risau ataupun takut dengan pemikiran bahwa usaha makanan sehat organik ini tidak laku di masyarakat. Hal tersebut tak sepenuhnya benar karena permintaan akan sayur maupun buah organik selalu besar asalkan kamu menjualnya ke pasar yang tepat.

4. Bisnis Jamu

Siapa yang suka dengan jamu? Jenis olahan sehat satu ini bisa jadi ide peluang usaha makanan sehat bagi kamu selanjutnya. Jamu merupakan ramuan atau obat tradisional yang diracik dengan bahan alami yang disarikan.

Meski termasuk ke dalam jenis ramuan obat tradisional, rasa jamu tak semengerikan obat-obat seperti yang kebanyakan orang bayangkan. Justru semakin kesini banyak juga jenis jamu yang menyehatkan dan rasanya tak kalah dengan lezatnya jus buah.

Bahkan semenjak covid-19 ini melanda, Kementerian Kesehatan RI menyarankan warga Indonesia untuk lebih rajin mengonsumsi obat tradisional dalam upaya untuk memelihara kesehatan dan mencegah penyakit.

Anjuran ini sesuai dengan Surat Edaran Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan yang Kemenkes keluarkan dengan nomor HK.02/02/IV/2243/2020.

5. Meal Prep

Usaha makanan sehat yang selanjutnya adalah penyediaan meal prep atau metode perencanaan makanan. Kamu dapat mengembangkan usaha meal prep sehat karena sangat praktis untuk memenuhi asupan makanan utuh dan menyehatkan.

Jenis produk ini sangat cocok untuk kalangan pekerja yang tak sempat memasak makanan sehat untuk dirinya. Dari bentuk permasalahan ini, kamu dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk menyediakan meal prep sehat dan siap masak.

Tak hanya untuk kalangan pekerja yang sibuk, metode makanan meal prep ini juga sering diterapkan oleh kalangan masyarakat yang sedang menjalani program diet sehat. Tujuan mereka adalah ingin memiliki kondisi tubuh yang sehat dan proporsional sehingga perlu didukung dengan asupan sehat dan tetap lezat.

Selain efektif sebagai makanan sehat saat pandemi, manfaat makanan sehat dengan konsep meal prep ini juga dapat membantu orang dalam mengatur jadwal makan yang teratur serta meminimalisir impuls mengonsumsi makanan tak sehat sewaktu-waktu.

Peluang Usaha Makanan Sehat Mana yang Ingin Kamu Kembangkan?

Beberapa contoh bisnis makanan sehat di atas mungkin akan menjadi referensi ide usaha yang berguna dalam memanfaatkan peluang pasar bisnis kuliner di Indonesia dan momentum dari kondisi dunia seperti sekarang ini.

Berdasarkan 5 poin peluang usaha makanan sehat di atas, contoh bisnis manakah yang paling ingin kamu kembangkan?


© PT FOKUS CITRA PRIMA