Apa itu Influencer Marketing? Berikut Manfaat dan Rekomendasinya


Share:
apa itu influencer marketing

Saat ini, banyak orang berlomba-lomba menjadi pengusaha. Apalagi pada era digital ini, tersedia banyak platform yang mempermudah proses jual-beli, namun keadaan ini pula yang membuat persaingan antar penjual menjadi semakin ketat. Sebagai seorang pengusaha, Anda pasti menginginkan pasar yang luas dan jumlah transaksi yang tinggi.

Menjadi sangat penting untuk para pebisnis mempelajari strategi pemasaran , agar usaha Anda dapat terus berjalan dan berkembang mengikuti perkembangan jaman. Influencer marketing merupakan salah satu strategi marketing yang sedang naik daun saat ini karena para pebisnis merasa cara ini cukup efektif dalam mempromosikan sebuah bisnis.

Suatu penelitian juga telah membuktikan bahwa konsumen akan lebih tertarik menggunakan atau membeli barang atau jasa yang direkomendasikan oleh seorang influencer yang mereka ikuti.

Sehingga, manfaat influencer marketing untuk bisnis sudah terbukti dapat meningkatkan jumlah transaksi maupun memperluas pasar Anda.Artikel ini juga akan mencoba memberikan beberapa rekomendasi influencer yang menjanjikan untuk bisnis Anda.Untuk lebih jelasnya, berikut penjabarannya

Apa itu Influencer Marketing?

Influencer selalu berkaitan dengan banyaknya jumlah pengikut pada media sosial seseorang, Namun tidak hanya memiliki pengikut yang banyak, seseorang mendapatkan julukan influencer jika orang tersebut memberikan pengaruh besar terhadap para pengikutnya. Lalu, Apa itu Influencer Marketing? Influencer marketing adalah strategi bisnis atau strategi pemasaran yang memanfaatkan jasa seorang influencer untuk mempromosikan atau memperkenalkan sebuah barang atau jasa pada media sosial yang mereka miliki seperti instagram, tik tok, youtube, twitter dan lain sebagainya.

Modal utama seorang influencer yaitu bagaimana mereka mempengaruhi pengikut-pengikutnya. Influencer sering kali menjadi trend setter dalam berbagai macam bidang, ini sebabnya menggandeng para influencer dalam strategi marketing bisnis Anda adalah cara yang patut dicoba.

Manfaat Influencer Marketing Untuk Bisnis

Selain keuntungan utama diatas, masih banyak manfaat influencer Marketing untuk bisnis Anda yang dapat Anda nikmati, diantaranya sebagai berikut:

1. Jangkauan Pasar Bisnis Akan Lebih Luas

Manfaat influencer marketing untuk bisnis Anda yang paling terlihat tentunya semakin luasnya pasar Anda.Influencer tentu memiliki jumlah pengikut yang banyak dan berasal dari berbagai kalangan maupun daerah.

Itu sebabnya, dengan menggunakan strategi influencer marketing ini, Anda dapat memperluas pasar. Jika sebelumnya konsumen Anda hanya berasal dari daerah tertentu setelah melakukan influencer marketing ini konsumen Anda akan menjadi lebih luas.

2. Kepercayaan Konsumen Terhadap Brand Bertambah

Seorang influencer yang profesional akan menjaga kepercayaan para pengikutnya, tidak sedikit influencer yang akan menolak sebuah produk atau brand jika mereka menilai produk atau jasa yang Anda tawarkan kurang sesuai dengan harapan mereka ini adalah salah satu cara influencer untuk tetap menjaga kepercayaan para pengikutnya.

Oleh sebab itu salah satu manfaat influencer marketing adalah membangun kepercayaan konsumen terhadap brand Anda.

3. Biaya Lebih Terjangkau

Setiap influencer tentu memiliki biaya atau tarif mereka masing-masing, semakin besar followers/ pengikut seorang influencer akan semakin tinggi juga biaya yang mereka berikan.

Namun tidak berarti influencer dengan biaya yang murah akan memberikan dampak yang kecil, maka dari itu dengan menggunakan Influencer Marketing Anda dapat menentukan sendiri influencer mana yang akan Anda ajak kerjasama dengan budget yang sesuai.

Bandingkan dengan menggunakan jasa iklan di TV yang biayanya sangat tinggi tentu menggunakan influencer marketing akan lebih menghemat budget Anda.

4. Konten Pemasaran Lebih Fresh

Influencer memiliki ciri dan karakteristik kontennya masing-masing, hanya perlu sedikit petunjuk dari Anda mengenai produk yang Anda tawarkan, influencer tersebut akan dengan sendirinya menentukan konten yang sesuai dengan produk Anda yang juga akan mereka sesuaikan dengan audience yang mereka miliki.

5. Meningkatkan Brand Awareness

Untuk Anda yang baru memulai bisnis, influencer marketing ini sangat membantu dalam memperkenalkan produk Anda. Anda dapat mulai menggunakan jasa influencer mikro untuk memperkenalkan produk Anda terlebih dahulu kepada kelompok kecil.

Manfaat-manfaat tersebut akan Anda rasakan bila Anda dapat menentukan influencer yang tepat untuk memperkenalkan bisnis Anda. Kami akan mencoba memberikan beberapa rekomendasi influencer yang menjanjikan untuk bisnis Anda.

Rekomendasi Influencer yang Menjanjikan

Berikut adalah rekomendasi influencer yang menjanjikan untuk usaha Anda:

1. Elizabeth Jennifer

Dengan jumlah followers sebanyak 338k , Ci Eliz menduduki peringkat pertama rekomendasi influencer yang menjanjikan khususnya dalam bidang perabotan rumah tangga, parenting dan kebutuhan anak.

Para pengikut Elizabeth Jennifer ini menjuluki kelompoknya sendiri sebagai #timjarithanos karena sesaat setelah sebuah produk atau brand ditayangkan dan di mention dalam instagram story-nya, brand tersebut seketika akan kebanjiran order, tidak jarang produk-produk yang terdapat dalam story elizabeth jennifer ini seketika sold out diserbu oleh para pengikutnya.

2. Dwi handayani

Influencer yang sebelumnya berprofesi sebagai model ini cocok untuk memperkenalkan bisnis fashion Anda. Para pengikut Dwi Handayani mengenal beliau sebagai seorang pribadi yang sangat berbakat dalam mix and match berbagai produk fashion.

Produk-produk fashion kolaborasinya selalu menjadi produk yang ditunggu-tunggu oleh pengikutnya dan akan habis dalam waktu singkat. Setelah menjadi seorang ibu, beliau juga menjadi trendsetter dalam dunia fashion anak. Sebagai seorang influencer, beliau sering kali berinteraksi dengan para pengikutnya pada malam hari, dengan begitu engagement rate yang Ia miliki cukup tinggi.

3. Edho Zell

Rekomendasi influencer yang menjanjikan selanjutnya yaitu Edho Zell. Konten utama Edho Zell yaitu mencoba berbagai jenis makanan sampai dengan konten-konten komedi. Pembawaannya yang asik dan menarik membuat para penontonnya tidak bosan mengikuti setiap konten yang beliau ciptakan. Edho Zell cocok untuk Anda yang memiliki bisnis kuliner, elektronik ataupun fashion pria.

4. Nex Carlos

Selanjutnya, rekomendasi influencer yang menjanjikan untuk Anda yang memiliki bisnis kuliner, Nex Carlos. Beliau memiliki jumlah follower sebanyak 1 Milyar itu artinya Nex Carlos masuk kedalam kelompok influencer premium. Influencer premium memiliki tarif yang lebih mahal dibandingkan influencer jenis lainnya, karena bisnis Anda sudah dipastikan akan dikenal oleh banyak orang.

5. Ulin Nikmah

Terakhir, termasuk dalam kelompok influencer mikro, jumlah followers dari Ulin Nikmah ini belum mencapai 100k namun berkat interaksinya yang sangat intens dengan para pengikutnya tidak jarang pengikutnya tertarik membeli produk-produk yang digunakan beliau.

Ulin Nikmah merupakan influencer dengan konten utama dalam instagramnya adalah masak memasak. Tidak hanya mempengaruhi pengikutnya dalam hal makanan ataupun masak-memasak, beliau juga sering memberikan rekomendasi-rekomendasi online shop fashion item yang beliau gunakan.

Sudah Tahu Apa Itu Influencer Marketing? Tertarik Mencobanya?

Setelah mengetahui apa itu influencer marketing beserta berbagai manfaatnya, tentunya Anda sangat direkomendasikan untuk mengaplikasikan pada bisnis agar semakin berkembang. Namun, jangan lupa sesuaikan dengan budget Anda ya. Selamat mencoba!


PT. FOKUS CITRA PRIMA