9 Usaha di Bidang Jasa Yang Populer dan Menguntungkan


Share:
usaha jasa

Setiap orang akan melakukan berbagai cara demi mendapatkan penghasilan, pastinya dengan cara yang benar. Banyak ide usaha jasa yang dapat memudahkan masalah keuangan Anda. Namun, Anda harus memahami terlebih dahulu keahlian yang Anda miliki dan hal yang mampu Anda kerjakan.

Jika ingin membangun suatu bisnis jasa, membutuhkan persiapan yang matang supaya hasilnya maksimal. Persiapan tersebut  dimulai dari modal yang besaran biayanya tergantung jenis usaha yang akan Anda bangun.

Pengertian Usaha Jasa

Usaha jasa merupakan perusahaan komersial yang terdiri atas kelompok atau individu. Mempunyai ahli di bidang tertentu dan memiliki tugas untuk menyelesaikan tugas untuk kepentingan klien.

Produk yang ditawarkan dari bisnis jasa tidak berbentuk benda berwujud, namun suatu tenaga kerja keahlian yang akan Anda berikan kepada pelanggan. Usaha ini juga mengutamakan kepuasan pelanggan dari hasil kinerja yang Anda berikan kepada pelanggan.

Agar mendapatkan kepuasan pelanggan, Anda harus bisa menyelesaikan tugas sesuai keinginan mereka. Selain itu, kunci supaya usaha jasa Anda terkenal, yaitu melalui testimoni pelanggan. Testimoni adalah kepercayaan pelanggan terhadap pengalaman pelayanan yang Anda berikan.

Karena usaha ini menawarkan produk tak berwujud, Anda harus memaksimalkan kinerja Anda. Supaya pelanggan merasa puas dan kembali lagi untuk menggunakan jasa Anda. Bahkan, mereka juga akan mengusulkan bisnis jasa Anda kepada orang terdekat mereka.

Contoh Peluang Bisnis di Bidang Jasa

Berikut ini beberapa jenis peluang bisnis pada bidang jasa yang mungkin cocok untuk Anda:

1. Jasa Transportasi

Transportasi adalah suatu cara untuk memindahkan dan mengangkut manusia atau barang dari suatu tempat menuju tempat lainnya. Seluruh aspek kehidupan membutuhkan transportasi, seperti bidang ekonomi, pertahanan, politik, keamanan, dan lainnya.

Jasa transportasi terbagi atas 3, yaitu transportasi darat, udara, dan laut. Ketiga bagian tersebut juga mempunyai jenis kendaraan yang berbeda-beda. Usaha jasa transportasi darat menggunakan mobil, bus, kereta, motor, dan truk.

Jasa transportasi udara memakai pesawat, helikopter, dan jet. Sedangkan jasa transportasi laut menggunakan kendaraan perahu dan kapal. Beberapa contoh jasa transportasi yang dapat Anda tawarkan seperti taksi, angkot, bus pariwisata, ojek, kapal laut, dan lain-lain.

2. Jasa Pendidikan

Jasa pendidikan berperan penting dalam upaya meningkatkan kualitas SDM. Keberhasilan jasa pendidikan tergantung pada kualitas layanan terhadap murid, peserta didik, atau mahasiswa. Kualitas pendidikan yang baik pastinya menghasilkan SDM yang baik pula.

Jasa pendidikan tidak terlepas dari lembaga pendidikan. Artinya, saat peserta didik membeli jasa dapat langsung berhadapan dengan pihak penyedia jasa. Selain memberikan ilmu, bisnis jasa pendidikan juga harus memberikan kenyamanan saat berlangsungnya proses belajar mengajar.

Kenyamanan merupakan kunci supaya peserta didik bisa menyerap ilmu secara baik. Beberapa contoh peluang bisnis di bidang jasa pendidikan seperti menjadi seorang dosen, guru, tutor, instruktur olahraga, dan lain-lain.

3. Jasa Editor

Setiap proyek dalam dunia kreatif pastinya membutuhkan jasa seorang editor. Penyunting atau editor merupakan seorang yang memiliki tanggung jawab untuk memperbaiki dan memastikan suatu proyek. Supaya tidak ada kesalahan saat akan mempublikasikannya.

Editor tidak hanya untuk pekerjaan pada bidang usaha jasa kepenulisan saja, tetapi editor juga pekerjaan pada dunia fotografi dan perfilman. Karena mempunyai peran yang sangat penting, sebagai editor Anda harus terlibat dalam semua aspek saat proses pengerjaan proyek.

Beberapa contoh jasa editor seperti desain grafis, copy editor, editor foto, editor film, dan editor suara. Copy editor umumnya mengerjakan penyuntingan naskah, data, ejaan, dan lain-lain.

4. Jasa Servis Elektronik

Membuka bisnis jasa servis elektronik atau sebagai pekerja di bidang tersebut pada saat ini merupakan pilihan yang tepat. Hampir semua masyarakat memakai perangkat elektronik atau gadget di rumahnya. Jika perangkat tersebut rusak, sebagian orang akan berpikir membeli perangkat yang baru atau memilih untuk memperbaikinya.

Membuka usaha di bidang ini pastinya membutuhkan modal berupa sparepart dan keahlian khusus. Jasa servis elektronik sangat luas, karena ada banyak jenis barang elektronik yang tersedia di pasaran. Beberapa contoh jasa servis elektronik, yaitu jasa servis gadget, TV, radio, kulkas, alat musik, printer, DVD, mesin cuci, dan lain-lain.

5. Jasa Keuangan

Jasa keuangan merupakan jenis jasa yang tersedia dari lembaga keuangan. Industri lembaga keuangan tersebut seperti perusahaan asuransi, pembiayaan ekspor-impor, perusahaan kartu kredit, bank, pembiayaan konsumen, dan sekuritas.

Usaha jasa keuangan akan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan yang mengatur semua jasa keuangan di Indonesia. Mulai dari perbankan, pasar modal, pembiayaan, asuransi, dana pensiun, dan lain-lain.

6. Jasa Perbaikan Kendaraan Bermotor

Saat ini usaha yang beroperasi pada sektor otomotif cepat sekali berkembang bersamaan perkembangan kendaraan motor yang cepat. Berdasar data Badan Pusat Statistik, jumlah pemasaran kendaraan motor lumayan tinggi dalam tahun-tahun ini.

Jika Anda mempunyai keahlian di bidang otomotif, Anda bisa memakai kesempatan tersebut untuk membuka bisnis jasa bengkel reparasi kendaraan bermotor. Pilih lokasi yang strategis seperti di pinggir jalan yang dilewati banyak mobil dan motor.

7. Jasa Event Organizer

Event organizer adalah sebuah usaha yang bergerak pada bidang jasa penyelenggaraan suatu acara atau kegiatan. Misalnya pembukaan kantor baru, peluncuran produk baru, festival musik, pesta pernikahan, dan lain-lain.

Kebutuhan masyarakat terhadap jasa event organizer saat ini sangat meningkat pesat, terbukti dengan banyaknya acara yang menggunakan jasa ini. Jika Anda memiliki jiwa kreatifitas tinggi serta menyukai pekerjaan yang berkaitan dengan pengelolaan acara. Sepertinya bidang usaha ini cocok untuk Anda.

8. Jasa Pelayanan Kesehatan

Jasa layanan kesehatan adalah pelayanan yang Anda berikan untuk masyarakat yang memerlukan pengobatan, konsultasi medis, pemakaian fasilitas medis, pemeriksaan, tindakan medis, dan perawatan. Tidak hanya rumah sakit, klinik dan puskesmas juga tergolong bisnis jasa pelayanan kesehatan.

Perbedaannya terletak pada kelengkapan fasilitas yang tersedia. Umumnya fasilitas kesehatan yang lengkap ada di rumah sakit. Contoh jasa pelayanan kesehatan, yaitu dokter, klinik kesehatan, laboratorium kesehatan, suster, rumah bersalin, dan lain-lain.

9. Jasa Penulis

Penulis merupakan pelaku kreatif yang membuat karya tulis seperti karya nonfiksi dan fiksi. Karya-karya tersebut tercipta dan berkembang dari hasil ide, pikiran, dan perasaan penulis.

Di era digital seperti sekarang ini, jasa penulis sangat diperlukan. Banyak penulis yang mengerjakan tulisan untuk sosial media perusahaan, website perusahaan, menulis sebuah produk iklan, novel online, dan lain-lain.

Penulis bisa menjadi salah satu pilihan untuk usaha jasa. Saat ini penulis tidak harus mencetak tulisannya, karena keberadaan platform dan jaringan internet. Anda dapat langsung mengunggah tulisan ke website perusahaan atau blog pribadi.

Usaha Bidang Jasa Manakah yang Tertarik untuk Anda Coba?

Baik seperti itulah 9 usaha di bidang jasa yang sedang populer dan menguntungkan bagi Anda. Semoga dapat membantu Anda untuk menemukan bisnis yang sesuai dengan keahlian Anda dan bisa menghasilkan banyak uang.


PT. FOKUS CITRA PRIMA