Cara Agar Brand Dikenal Masyarakat dengan Cepat dan Mudah


Share:
cara agar brand dikenal masyarakat

Pertama, Anda perlu mengetahui definisi brand sebagai langkah awal cara agar brand dikenal masyarakat. Apa itu Brand? Brand adalah sebuah nama, desain, ketentuan atau logo yang identik dengan sebuah perusahaan.

Mengenal Apa itu Brand

Definisi ini mengacu pada istilah brand dalam bisnis dan marketing yang tertera di kamus besar American Marketing Association. Singkatnya, brand merupakan sebuah wajah suatu perusahaan untuk membedakannya dengan perusahaan lain.

Kata brand sendiri merupakan kata serapan bahasa inggris. Industri sering menggunakan istilah brand sebagai bentuk strategi pemasaran atau marketing. Arti kata brand dalam KBBI adalah Merek.

Merek menurut KBBI online memiliki arti yang kurang lebih sama dengan brand, namun merek lebih menekankan definisi sebagai sebuah logo atau tanda pengenal sebuah perusahaan. Brand memiliki artian yang lebih luas. Konsumen mampu dengan mudah mengidentifikasi sebuah perusahaan dari brand mereka.

Anda sebagai pelaku usaha tentunya sudah pernah membuat ciri – ciri brand Anda. Mulai dari logo yang merepresentasikan visi dan misi usaha, relevansi produk dengan logo dengan identitas brand, atau culture perusahaan yang dibentuk sesuai pandangan yang ingin brand Anda sampaikan kepada masyarakat dan konsumen.  Aspek – aspek tersebut merupakan aspek penting untuk mempelajari lebih lanjut mengenai cara agar brand Anda dikenal masyarakat luas.

Tips Agar Brand Dikenal Masyarakat

Berikut beberapa tips lengkap agar brand Anda cepat terkenal :

1. Tentukan Model Bisnis Anda

Penting bagi para pelaku usaha atau bisnis untuk dapat merinci model bisnis dari usahanya. Dengan merinci model bisnis, pelaku usaha bisa dengan mudah menjelaskan apa sebenarnya perusahaan mereka.

Cara agar brand Anda cepat dikenal dimulai dari mampukah Anda untuk menjelaskan perusahaan Anda secara singkat dan tepat. Calon konsumen dari brand Anda ingin memastikan dengan jelas identitas perusahaan Anda.

Mereka ingin mengetahui jenis perusahaan mulai dari produk hingga bidang perusahaan Anda. Artikel ini akan membahas secara singkat model bisnis Anda untuk melengkapi cara agar brand dikenal masyarakat. 

Merinci model bisnis merupakan hal yang mudah. Sebenarnya, ada banyak cara untuk merinci atau menentukan model bisnis Anda. Namun, pada artikel ini, kami akan membahas cara untuk menentukan model bisnis Anda dengan metode Business Model Canvas.

Business model canvas sudah menjadi hal yang familiar bagi beberapa pelaku usaha atau pebisnis. Business Model Canvas memudahkan Anda untuk menjelaskan perusahaan Anda. Konsumen akan lebih mudah mengerti identitas perusahaan.

business model canvas

Aspek – aspek dalam business model canvas antara lain:

  • Customer segments: Menentukan pasar konsumen yang jelas untuk produk Anda
  • Channels: Menentukan via apa perusahaan atau bisnis Anda untuk dikenal masyarakat. Contoh: Telemarketing, Social media marketing, sales dan sebagainya.
  • Customer Relationship: Menentukan bentuk hubungan antara perusahaan dan konsumen Anda. Contoh: Kemitraan, sarana jual beli untuk konsumen (marketplace), penyedia solusi untuk konsumen dan lain – lain
  • Value Propositions: Menentukan nilai – nilai dari produk atau jasa yang perusahaan Anda tawarkan yang membedakan perusahaan Anda dan perusahaan lain. Contoh: Starbucks mengedepankan outlet mereka sebagai coworking space yang lebih menarik dari pesaing mereka.
  • Key Activities: Menentukan serangkaian kegiatan – kegiatan yang ada dalam perusahaan Anda. Mulai dari sistem penjualan, biaya produksi, metode pemasaran dan lain – lain. Contoh: Sistem pemasaran; Memposting iklan di media sosial dan lain – lain.
  • Key Resources: Menentukan sumber daya utama dari perusahaan Anda. Contoh: Investor awal, Pegawai, Supplier
  • Key Partners: Menentukan beberapa perusahaan yang menjadi partner dari perusahaan Anda. Contoh: Perusahaan untuk membantu pengiriman produk Anda, Perusahaan untuk membantu memasarkan produk.
  • Cost Structures: Menentukan total biaya produksi atau beban perusahaan Anda. Contoh: Biaya pemasangan iklan di media sosial.
  • Revenue streams: Menentukan dari mana saja pemasukan dari perusahaan Anda. Contoh: Penjualan produk.

Anda dapat dengan mudah menentukan identitas perusahaan dengan metode ini.

2. Social Media Marketing

Pada zaman serba canggih seperti sekarang ini, banyak orang menghabiskan waktu untuk bermain HP. Orang – orang menggunakan HP mereka untuk belajar, berkerja, atau membeli barang. Ya, banyak orang sekarang menggunakan HP mereka untuk membeli barang baik dari aplikasi marketplace secara langsung atau juga media sosial.

Oleh karena itu, cara agar brand Anda dikenal masyarakat dengan cepat adalah dengan menggunakan media sosial. Media sosial seperti Facebook dan Instagram menyediakan fitur business accounts yang bisa Anda gunakan untuk membuat brand Anda terkenal.

Business accounts pada Instagram dan Facebook berfungsi untuk mengiklankan brand Anda dengan cara memunculkannya di feeds orang – orang. Tidak hanya mengiklankan, tapi business accounts juga bisa melihat statistik brand awareness perusahaan Anda melalui jumlah reach atau pengunjungdari setiap postingan produk.

Dengan mengetahui aspek – aspek ini, Anda mampu dengan mudah mengiklankan dan merancang strategi pemasaran perusahaan. Media sosial lain yang bisa digunakan sebagai cara agar brand agar cepat dikenal adalah TikTok. TikTok saat ini adalah trendsetter media sosial. TikTok menjadi wadah bagi banyak pelaku usaha memasarkan brand mereka karena banyaknya pengguna aplikasi ini.

3. Menggunakan KOL atau Influencer

Untuk melengkapi pengetahuan Anda dalam cara agar brand dikenal masyarakat, tips selanjutnya adalah menggunakan KOL. KOL adalah kependekkan dari Key Opinion Leader atau Influencer. Anda pasti sudah cukup familiar dengan influencer.

Seorang Influencer pastinya sudah memiliki ribuan hingga jutaan followers di media sosial yang dapat mendongkrak secara cepat identitas dari brand Anda. Perusahaan Anda juga dapat mengikutsertakan influencer dalam iklan – iklan atau event untuk lebih mengenalkan brand Anda ke masyarakat.

Dalam memilih seorang influencer, pastikan orang yang  dipilih memiliki keahlian yang expert untuk mereview produk Anda, karena setiap influencer memiliki tone masing-masing, jadi pastikan Anda mempunyai beberapa kandidat dan tentukan mana yang terbaik dilihat dari sisi viewers, kualitas, dan yang paling utama adalah harga jasanya.

4. Menciptakan Buyer Persona

Cara agar brand dikenal masyarakat yang terakhir ini adalah menciptakan buyer persona. Buyer persona menggunakan cara yang cukup sederhana. Cara ini mengharuskan Anda untuk melakukan riset yang mendalam tentang calon konsumen.

Singkatnya, buyer persona adalah konsumen fiktif yang Anda ciptakan dengan karakteristik yang sesuai dengan target. Anda bisa menyebar survey kepada masyarakat untuk dapat bisa mengidentifikasi sasaran utama konsumen Anda.

Cara ini sudah cukup lama berada di industri manapun sebagai sebuah strategi pemasaran. Orang – orang masih menggunakannya hingga sekarang karena caranya yang cukup fleksibel, hanya dengan survey online Anda pun bisa melakukannya.

Siap Menerapkan Cara Agar Brand Dikenal Masyarakat?

Tidak sulit mempelajarinya bukan? Yuk, mulai sekarang terapkan tips di atas untuk menjangkau pemasaran produkmu agar dikenal oleh masyarakat luas. Selamat mencoba!


PT. FOKUS CITRA PRIMA