Peran Industri Fiberglass Memajukan Pembangunan Nasional


Share:
industri fiberglass

Siapa sangka ternyata peran industri fiberglass di Indonesia menjadi pendukung beberapa sektor krusial. Memang jenis usaha seperti ini sangat fleksibel dan akan tetap digunakan meskipun zaman telah berbeda.

Pada awalnya jenis industri seperti ini hanya terbatas pada pembuatan bak atau tempat air saja. Namun sekarang kreativitas para pelaku usaha membuat fiberglass menjadi salah satu barang paling fleksibel.

Karena mudah dibentuk maka dia dapat digunakan dalam berbagai aspek kehidupan. Bahkan untuk memajukan pembangunan bangsa kita tidak boleh mengecewakan peran barang sepele ini.

Pengairan, wisata, ekonomi marginal, dan sosial merupakan sektor penting yang dapat langsung terbantu dengan adanya industri kreatif ini. Bahkan beberapa pembangunan rumah sederhana banyak menggunakan bahan tersebut.

Oleh karena itu Anda perlu mengetahui bahwa ini merupakan salah satu usaha dengan peran krusial. Bahkan masyarakat dengan kondisi ekonomi lemah dapat membuat industri seperti ini dalam skala rumah tangga.

Tidak harus barang dengan ukuran besar yang dibuat menggunakan bahan tersebut. Banyak aksesoris yang dihasilkan dengan menggunakan fiberglass. Tidak ada batasan dalam sebuah industri kreatif seperti ini.

Sehingga negara berkembang seperti Indonesia dapat memanfaatkannya dalam berbagai sektor. Pada artikel ini kami akan membahas sektor apa saja yang terbantu dengan adanya pemanfaatan bahan tersebut.

Tujuannya selain sebagai inspirasi bagi para calon pelaku usaha rumah tangga juga diharapkan menjadi penilaian tersendiri terhadap dunia industri kreatif. Sehingga nanti akan semakin banyak variasi penggunaannya.

Peran Industri Fiberglass dalam Memajukan Sektor Wisata

Selama beberapa tahun terakhir sektor wisata di daerah Indonesia memang sedang mengalami kemajuan pesat. Banyak daerah yang mulai membuka diri untuk menunjukkan kecantikan alamnya.

Wisata alam di Indonesia merupakan salah satu daya tarik tersendiri yang tidak dimiliki oleh negara lain. Disini setiap daerah pasti memiliki spot wisata alam unik yang dapat menarik minat wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Namun masalah utama tentu datang dari ketersediaan sarana prasarana dari lokasi tersebut. Tidak jarang daerah terpencil masih belum dapat mengoptimalkan potensinya karena dua hal tadi tidak terpenuhi.

Oleh karena itu disini peran industri fiberglass dapat terlihat sebagai penyuplai sarana dan prasarana wisata setempat. Salah satunya adalah dengan menyediakan toilet portable bagi para pengunjungnya.

Hal seperti ini memang kelihatannya sangat sepele, namun toilet portable sangat dibutuhkan dalam sektor wisata Indonesia. Tanpa adanya pemenuhan kebutuhan kakus tersebut wisatawan dapat terganggu kenyamanannya.

Selain dari kebutuhan kakus, aksesoris lain seperti kursi, meja, dan payung dapat digunakan menggunakan bahan fleksibel seperti fiber. Dari segi harga tentu saja ini lebih murah dibandingkan menggunakan bahan lain.

Sedangkan dari aspek durabilitas sendiri sangat tinggi terutama ketika digunakan bagi negara tropis seperti Indonesia. Meskipun properti akan digunakan untuk ruangan terbuka namun ketahanannya tetap terjaga.

Ini adalah salah satu poin penting terhadap peran yang dipegang oleh industri kreatif tersebut. Sehingga patut diapresiasi perannya dalam kontribusi memajukan sektor pariwisata lokal.

Peran Industri Fiberglass dalam Pemerataan Ekonomi Tertinggal


Masalah pemerataan ekonomi tertinggal hingga sekarang masih menjadi batu sandungan yang perlu diatasi bersama. Adanya industri kreatif tentu saja dapat menjadi salah satu peluang untuk meningkatkan kesejahteraan.

Tidak selamanya proses manufakturing harus memiliki skala besar. Bahkan sekarang local manufacturing dapat dilakukan dalam skala kecil. Sehingga modal yang dibutuhkan tentu terjangkau masyarakat ekonomi lemah.

Dalam memajukan perekonomian disini industri kreatif seperti fiber memegang peranan penting. Karena bahan tersebut mudah dijadikan berbagai produk dengan fungsi dan manfaat berbeda.

Jadi peran industri fiberglass dalam pemerataan ekonomi tertinggal sebenarnya cukup masif. Anda dapat membuka sebuah industri skala rumahan untuk membuat karya dari bahan ini.

Pangsa pasar yang akan ditargetkan tentu cukup luas. Salah satu contohnya adalah manufakturing aksesoris untuk pernikahan. Disini bentuknya cukup kecil dan memiliki desain bervariasi.

Para pengguna dari hasil kerajinan tersebut tentu saja tidak akan pernah habis. Karena pernikahan adalah salah satu hal yang selalu dilakukan manusia minimal satu kali seumur hidupnya.

Apabila pangsa pasar tidak ada habisnya maka prospek dari industri kreatif ini bagi pemerataan ekonomi tentu tidak boleh dipandang sebelah mata. Jumlah pengrajin fiber lokal juga semakin meningkat secara perlahan.

Dalam jangka panjang, meskipun jumlah pengrajin bertambah banyak namun persaingan akan tetap dapat di manajemen. Dengan spesialisasi dari produk tertentu tentunya konsumen dapat bebas memilih.

Sehingga bagi warga daerah dengan kemampuan ekonomi yang rendah ini dapat dijadikan sebuah solusi tepat. Membangun dan memberdayakan tenaga kerja lokal bisa membuat perekonomian bergerak maju secara perlahan.

Peran Industri Fiberglass dalam pembuatan Barang Tepat Guna

Bahkan jika dilakukan secara terorganisir ini nanti dapat menjadi sebuah industri kooperatif yang bagus diterapkan. Pembuatan barang tepat guna tentu menjadi pilihan paling direkomendasikan seperti.

1. Perabotan Rumah Tangga

Membuat meja dan kursi dari bahan fiberglass tentu menjadi salah satu pilihan tepat. Proses pembuatan yang sederhana dan pangsa pasarnya tidak pernah ada habisnya.
Karena semua rumah tangga pasti nantinya membutuhkan perabotan untuk mengisi rumah. Jadi ini dapat menjadi salah satu pilihan yang dapat dijadikan acuan ketika memulai proses manufakturing.

2. Peralatan Hobi

Apabila ingin mempersempit pangsa pasar maka pelaku usaha dapat memproduksi peralatan hobi. Misalnya dari hobi memancing sebuah usaha dapat membuat alat pancing, box ikan, hingga perahu.
Dengan adanya produksi barang hobi tersebut tentu saja sebuah usaha dapat fokus terhadap pangsa pasarnya. Jadi ketika bersaing dengan industri serupa tidak perlu saling menjatuhkan.

3. Perlengkapan Industri

Tidak selamanya membuat perlengkapan industri sulit dilakukan oleh para pengrajin pemula. Pembuatan barang industri seperti pipa, tandon air, dan atap rumah dapat menjadi sebuah pilihan alternatif.

Dari ketiga produk umum tersebut tentu saja masih banyak jenis lainnya yang dapat dibuat. Peran industri fiberglass memang sangat universal dalam kehidupan sehari-hari sehingga memiliki potensi besar untuk dimanfaatkan.


PT. FOKUS CITRA PRIMA