Mengetahui Jenis Industri Kreatif di Era yang Modern


Share:
jenis industri kreatif

Semakin berkembangnya teknologi menuntut peningkatan jenis industri kreatif. Dengan bertambahnya jenis tersebut tentu saja masyarakat semakin fleksibel dalam menentukan pilihan usaha.

Karena dengan meningkatnya pilihan otomatis persaingan juga dapat dimanajemen secara baik. Tentu ini memberikan peluang bagi pelaku usaha kecil untuk terjun langsung dalam persaingan pasar.

Oleh karena itu sekarang masyarakat akan lebih mudah menyetarakan kemampuan finansial ketika mulai terjun dalam industri ini. Sehingga lapangan kerja mandiri dapat terbuka lebar tanpa mengandalkan manufakturing skala masif.

Apalagi ketika melihat minimnya lowongan pekerjaan yang sekarang sedang terjadi. Masyarakat dituntut ekstra kreatif agar tetap bisa memenuhi kebutuhan hidupnya. Industri kreatif dapat menjadi solusi dari masalah tersebut.

Menurut kemenperin ada 15 kategori industri kreatif yang sekarang sedang berkembang. Mulai dari periklanan, percetakan, hingga kuliner semuanya dapat dijadikan sebagai peluang usaha bagus.

Pada artikel ini akan dibahas empat jenis yang memiliki daya serap tenaga maksimal dan keuntungannya besar. Jadi Anda dapat menjadikannya sebagai salah satu alternatif ketika ingin membuka usaha sendiri.

Untuk jenis usaha yang akan kami rekomendasikan juga melihat aspek modal dibutuhkan. Disini semuanya dapat dilakukan menggunakan modal fleksibel jadi tidak perlu langsung mengeluarkan budget besar.

Dengan adanya insight berikut ini maka pembaca dapat menambah wawasannya dan membuka mata terhadap potensi industri kreatif. Karena faktanya jenis usaha seperti ini masih kerap dipandang sebelah mata.

Jenis Industri Kreatif dalam Bidang Periklanan

Periklanan merupakan salah satu industri yang tidak akan pernah mati. Karena produksi dari barang tentu saja akan semakin meningkat dengan bertambahnya populasi manusia. Jadi bidang jasa ini memang akan selalu digunakan.

Bahkan dengan masuknya peradaban dalam era digital membuat periklanan menjadi salah satu dengan prospek tertinggi. Untuk terjun langsung dalam usaha tersebut sebenarnya tidak perlu modal terlalu besar.

Anda dapat menyesuaikan sendiri bagaimana periklanan yang akan dilakukan terhadap sebuah barang. bisa menggunakan platform internet atau langsung bentuk iklan fisik dari produk tadi.

Adanya jenis industri kreatif seperti ini tentu saja memberikan kebebasan pada setiap pelaku usahanya. Anda dapat memanfaatkan media digital untuk melakukan promosi atau media cetak.

Apabila ingin mengawali usaha dengan modal seadanya maka periklanan menggunakan media digital adalah yang paling murah. Namun kembali lagi ini tergantung pada kemampuan dari pelaku usahanya.

Memang modal kemampuan bidang SEO dan programing dibutuhkan ketika ingin terjun dalam bidang ini. Karena dengan adanya modal tersebut jumlah rupiah yang dibutuhkan untuk mengawali tentu lebih sedikit.

Efisiensi dari penggunaan media digital dalam mengiklankan sesuatu sekarang juga terbukti sangat efektif. Oleh karena itu pangsa pasar penggunaannya juga luas dan memberikan potensi keuntungan besar.

Anda dapat menjadikan teknologi berkembang ini menjadi salah satu bentuk mata pencaharian. Ini memungkinkan pelaku usahanya untuk mendapatkan klien tidak hanya lokal namun juga internasional.

Jenis Industri Kreatif dalam Bidang Arsitektur

Kebutuhan manusia terhadap tempat tinggal memang semakin bertambah. Pertumbuhan populasi Indonesia yang tinggi membuat industri kreatif satu ini menjadi sebuah solusi terhadap inovasi bangunan.

Namun sayangnya tidak semua orang dapat terjun langsung dalam bidang jasa arsitektur. Tentu hanya orang dengan pengetahuan terkait yang dapat efektif menjadi seorang perancang interior maupun eksterior.

Modal yang dibutuhkan untuk menjadi seorang arsitek handal tentu saja kemampuannya. Sekali lagi disini adalah kemampuan dan kreatifitas yang menjadi poin penting dalam membuka sebuah usaha.

Jenis industri kreatif ini memang berkaitan langsung dengan dunia jasa. Sehingga prospek jangka panjangnya masih tetap digunakan. Bahkan dalam kondisi tertentu Anda akan bekerjasama dengan pihak lain.

Untuk melakukan desain interior tentu saja seorang arsitek perlu bekerjasama dengan perusahaan pembuatan perabotan rumah tangga. Disini penggunaan bahan fleksibel seperti fiberglass akan menjadi pilihan.

Ketika seorang arsitek menciptakan desain interior modern tentu saja pangsa pasar akan meningkat seiring dengan permintaan. Ini tentu dapat dijadikan salah satu jenis industri yang cukup menguntungkan.

Sekali lagi dalam jenis usaha seperti ini kemampuan dan kreativitas adalah modal utama dalam meraih kesuksesan. Modal tidak perlu selamanya uang namun bagaimana otak Anda mampu menunjukkan potensinya.

Prospek jangka panjang dari arsitektur sendiri juga akan terus digunakan. Hal tersebut terjadi karena kebutuhan manusia terhadap variasi tempat tinggal juga akan meningkat seiring perkembangan waktu.

Jenis Industri Kreatif dalam Bidang Kerajinan

Industri bidang kerajinan memang sampai sekarang masih identik dengan warga kampung. Membuat barang dengan corak khas dari daerahnya untuk kemudian dijual ke daerah lainnya.

Namun hal tersebut sekarang sudah tidak terlalu relate karena kerajinan bisa dihasilkan oleh siapa saja sesuai kemampuannya. Bahkan ini adalah salah satu bentuk usaha dengan potensi paling besar.

Dengan adanya sistem kerajinan seperti ini maka sebuah produk dapat dibuat menyesuaikan permintaan pasar. Daya serap tenaga kerja dalam industri ini juga tidak boleh dipandang sebelah mata.

Bahkan bidang kerajinan sering dijadikan salah satu ujung tombak perekonomian daerah. Jadi masyarakat banyak memproduksi barang tertentu yang identik dengan budaya daerah tempat tinggalnya.

Ini adalah salah satu jenis industri kreatif yang paling mudah dilakukan siapa saja. Karena sekarang kerajinan tidak harus tradisional. Bahkan sudah mulai banyak penjual barang kerajinan kontemporer.

Sehingga peminatnya tidak hanya dari konsumen lokal saja namun juga internasional. Ketika hal ini diberdayakan maka akan menyerap banyak tenaga kerja dan membuat ekonomi suatu daerah ikut terangkat.

Dengan memanfaatkan keterampilan seperti ini maka siapa saja dapat menjadi seorang pengusaha bermodalkan kreativitasnya. Kembali lagi pada kesungguhan niat dan bagaimana pelaku usaha tersebut menggerakkannya.

Karena akan tetap kurang efektif apabila sebuah usaha dijalankan tanpa kesungguhan diri. Jadi sebelum Anda memutuskan untuk membuka jenis seperti ini pastikan apakah cocok atau tidak jangka panjangnya.

Sebuah industri kerajinan harus selalu berinovasi agar tidak hilang ditelan zaman. Melakukan adaptasi terhadap karya yang dibuat akan menjadikan sebuah produk tetap ada dan berguna dalam jangka panjang.

Jenis Industri Kreatif dalam Bidang V2F

Ini adalah bidang yang sekarang sedang gencar digeluti oleh para generasi muda. Dengan prestise tinggi yang diberikannya dan juga keuntungan besarnya. Tidak heran jika banyak anak mudah ingin menggeluti dunia V2F.

Industri vide, film, dan fotografi memang sudah ada sejak era analog. Sekarang dengan majunya dukungan teknologi maka industri ini dapat bergerak lebih cepat dan persebarannya sangat masif.

Ada banyak hal yang bisa diperoleh dengan memanfaatkan V2F mulai dari advertising, karya kreatif, hingga penelitian dan pengembangan. Semuanya dapat dilakukan secara fleksibel ketika terjun di bidang ini.

Adanya bidang V2F tidak hanya efektif ketika dilakukan di kota besar saja. Justru daerah sekarang sudah mulai perlu untuk menampakkan keunggulannya. Dengan adanya platform digital ini akan semakin mudah dilakukan.

Dengan mempopulerkan daerah masing-masing menggunakan media yang ada maka Anda dapat berkontribusi pada industri pariwisata. Tentu ini akan semakin mudah ketika menggunakan fotografi atau video.

Bagi para pemula tentu akan lebih mudah mengawali belajar lewat video atau fotografi. Banyak juga orang yang mengeluarkan tutorial bagaimana melakukannya secara mudah bermodal sedikit.

Potensi seperti ini tentu tidak boleh dipandang sebelah mata karena dampaknya sangat masif. Sehingga adanya dunia teknologi dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk mendapatkan keuntungan bersama.

Ketika Anda sudah memahami bagaimana industri kreatif bekerja tentu siap untuk masuk ke dalamnya. Pilih jenis industri kreatif yang cocok dengan passion dan kemampuan agar hasil akhirnya maksimal.


PT. FOKUS CITRA PRIMA