Mengenal Apa Itu Visual Branding, Pengertian dan Tujuannya

Share:
apa itu visual branding
ilustrasi gambar: pexels.com

Siapa yang tidak tahu dengan logo dari brand besar seperti McDonald’s, Nike, dan Starbucks? Kamu mungkin bisa menggambarnya tanpa perlu melihat contoh. Hal ini berarti brand dari bisnis tersebut berhasil dan salah satu pengaruhnya adalah dengan menggunakan visual branding.

Ini akan menjadi cara mudah supaya setiap orang yang melihat brand atau merek bisnis kamu dapat ingat dengan mudah. Lantas sebenarnya seperti apa gambaran visual branding?

Pengertian Visual Branding

Brand dan visual branding merupakan satu kesatuan penting. Jika brand adalah suatu logo atau merk yang berfungsi sebagai identitas bisnis, maka visual branding adalah tampilannya. Yakni merupakan sebuah tampilan yang memvisualkan brand tersebut.

Pada umumnya pembuatan tampilan atau visual untuk brand tersebut juga beragam, mulai dari logo, membuat pengemasan produk yang seragam dengan tema logo, meletakan banyak elemen yang senada dengan logo atau tema brand kamu, hingga melakukan kolaborasi.

Mengapa Visual Branding Penting?

Dengan memvisualkan brand jelas akan membawa dampak besar bagi brand building bisnis kamu serta memiliki banyak tujuan visual branding yang akan menguntungkan dari segi bisnis.

1. Menambah Brand Awareness

Sebagai pemilik bisnis baru kamu mungkin ingin masyarakat mudah mengenal brand bisnis kamu. Salah satu tujuan visual branding adalah sebagai peningkatan brand awareness masyarakat terhadap brand kamu.

Dengan begitu akan mudah untuk kamu melakukan promosi dan lainnya jika banyak orang yang menyadari kehadiran brand kamu.

2. Meningkatkan Omset Bisnis

Kamu tentu berharap bahwa bisnismu akan berjalan lancar dan lama. Maka dengan visual branding, dapat membantu meningkatkan omset penjualan bisnis kamu dalam jangka yang panjang.

Sebab, dengan adanya hal tersebut, bisnis menjadi terkenal dan semakin banyak orang yang tahu, semakin banyak pula yang akan menjadi konsumen setia kamu.

3. Mampu Bertahan Ditengah Persaingan Bisnis

Salah satu hal penting dari sebuah bisnis adalah kemampuan untuk tetap bertahan dalam jangka waktu selama mungkin. Ada banyak orang yang mampu membangun sebuah brand hingga sukses besar, namun tidak semua mampu bertahan lama.

Sebab, semakin lama akan semakin banyak pesaing baru yang berada pada industri bisnis serupa, sehingga sebagai pemilik bisnis penting untuk kamu memperhatikan visual branding bisnismu.

4. Menambah Value

Jika bisnismu telah cukup unik dari yang lain, memiliki kualitas produk yang bagus, pelayanan memuaskan maka visual branding akan membantu brand kamu memiliki nilai tersendiri.

Misalnya produk bisnismu memiliki packaging yang menarik dengan menambahkan kartu terima kasih atas pembelian dengan desain unik. Hal ini akan membuat konsumen semakin merasa bahwa brand kamu benar-benar memperhatikan kepuasan pelanggan. Dengan begitu, produk kamu memiliki nilai plus di mata konsumen karena visual yang baik.

5. Meningkatkan Kepercayaan

Dalam jangka waktu panjang, konsistensi yang kamu lakukan dalam melakukan visual branding akan meningkatkan kepercayaan konsumen bahwa brand adalah brand berkualitas. Ini akan menjadikan para konsumen melakukan repeat order terhadap produk bisnismu bahkan menjadi pelanggan setia.

Mengoptimalkannya juga akan membuka peluang besar dalam jangka panjang, seperti kemungkinan brand mu akan naik level menjadi brand unggulan yang berbeda dan unik.

Mengingat impact yang besar terhadap kelangsungan bisnis, kamu mungkin penasaran bagaimana cara melakukan visual branding yang tepat dan menarik.

Strategi yang Dapat Kamu Lakukan

Menjadi brand yang kreatif sekaligus unik merupakan tugas berat, namun bukan berarti tidak bisa. Ada beberapa cara supaya visual branding produk kamu semakin menarik utamanya di mata konsumen saat ini. Berikut ini strategi yang bisa kamu gunakan supaya visual bisnismu tidak kalah dengan yang lain.

1. Diferensiasi

Kamu ingin membuat logo produk untuk bisnis jasa pengiriman barang dengan logo mobil yang melaju cepat, sedangkan bisnis kompetitor sudah terlebih dahulu menggunakan logo kendaraan.

Maka kamu perlu mencari cara supaya orang dapat membedakan logo kamu dengan logo kompetitor. Misalnya dengan tema warna yang berbeda.

Memiliki visual yang berbeda selain supaya berbeda, juga akan membuat brand kamu lebih unik. Sebab, ada hal yang membedakannya sehingga masyarakat tidak akan tertukar ketika melihat logo kamu dan logo kompetitor.

2. Inovasi

Kamu juga dapat melakukan berbagai inovasi lain supaya membuat visual branding lebih unik dan menarik. Gunakanlah ide yang berbeda, yang orang lain mungkin tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

Contohnya, jika kamu ingin membuka brand kopi, kamu tidak harus melulu memberikan elemen biji kopi atau gelas kopi yang akan menunjukan bahwa produk kamu adalah produk kopi.

Cobalah menggunakan logo yang berbeda seperti dengan angka, huruf atau bahkan rumus-rumus yang belum pernah atau masih jarang ada di bisnis lain.

3. Kolaborasi

Supaya semakin out of the box, kamu juga bisa melakukan kolaborasi serta bekerjasama dengan konsumen. Dalam pengembangan brand baru kamu mungkin kesulitan menentukan mana saja desain yang tepat, atau konsep apa yang terbaik untuk brand kamu nantinya.

Sehingga kamu bisa melakukan beberapa opsional seperti bekerjasama dengan orang tertentu yang paham dalam bidang ini. Kamu juga bisa melakukan kolaborasi dengan konsumen sebagai survei seperti apa desain atau tema yang paling diminati orang-orang saat ini dengan mengambil beberapa sampel masyarakat.

Maka, produsen bisnis tidak seutuhnya bekerja sendirian, kamu perlu menyaring masukan orang-orang di sekitarmu supaya memahami minat dan kebutuhan mereka. Dengan begitu nantinya produk bisnis kamu pun akan lebih mudah mereka terima.

4. Evaluasi

Selanjutnya setelah melakukan banyak tahapan, kamu juga perlu melakukan evaluasi. Terutama ketika bisnismu baru saja berjalan. Evaluasi merupakan tahapan penting yang akan membantu brand kamu selalu upgrade dan menjadi yang terbaik. Kamu dapat melakukan evaluasi dengan melihat response target pasar.

5. Brand Management

Penting bagi para pemilik brand untuk selalu up to date supaya brand kamu tetap relevan dengan trend yang ada di masyarakat. Hal ini merupakan proses yang tidak kalah penting juga, sehingga kamu dapat terus mengontrol perkembangan dan perubahan apa saja yang terjadi dalam sebuah brand.

Ada banyak cara untuk meningkatkan visual branding supaya brand kamu akan selalu menarik dan semakin banyak konsumen gemari dari waktu ke waktu. Pemilihan strategi yang tepat juga akan sangat membantu brand building bisnis kamu sehingga semakin mudah menarik pelanggan.

Sudah Tahu Apa Itu Visual Branding?

Dengan mengoptimalkan visual branding, dapat membantu sebuah brand bisnis memiliki tampilan yang menarik dan relevan dengan identitas brand. Serta dapat menjadi pembeda bisnis kamu dengan bisnis kompetitor, sehingga bukan hal aneh jika nantinya brand kamu akan terbagun dengan mudah.

Bahkan dalam perkiraan jangka panjang, tidak menutup kemungkinan untuk sebuah bisnis yang memiliki branding yang baik akan naik kelas menjadi brand unggulan yang akan menjadi trendsetter baru dalam industri yang sama. Jika kamu salah satu calon pemilik bisnis maka artikel tentang ini semoga berguna bagimu.


© PT FOKUS CITRA PRIMA