Desain Grafis: Definisi, Prinsip Utama Jenis dan Contoh Aplikasinya

Share:
desain grafis adalah
ready made/ pexels.com

Apabila kamu sering update informasi di platform yang berhubungan dengan dunia pekerjaan digital, pasti sering mendengar istilah desain grafis adalah sekedar pembuat konten atau ada hal lainnya. Namun, Apakah memang desainer grafis memang membuat konten saja atau memang seperti yang sering terdengar.

Banyak yang menyamakan pekerjaan sebuah karya grafis tidak jauh berbeda dengan pekerjaan sebagai seniman namun perbedaanya adalah hasil karyanya tertuang dalam media digital. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan berikut ini!

Apa Itu Desain Grafis?

Pengertian dari desain grafis atau yang sering terdengar dengan sebutan rancang grafis ini adalah salah satu bentuk dari seni yang memiliki tujuan untuk memberikan solusi terhadap masalah komunikasi.

Rancangan grafis yang nantinya adalah akan menghasilkan karya elemen sedemikian rupa melalui kombinasi elemen grafis yaitu garis, bentuk dan juga warna dan lain sebagainya. Visual yang tercipta memiliki harapan untuk menyampaikan informasi atau pesan yang secara jelas, padat dan efektif.

Contoh Beserta Jenis Desain Grafis

1. Identitas Visual Desain Grafis

Bagian dari desain grafis yaitu visual adalah sebuah sebuah rancangan yang memberikan identitas bagi setiap bisnis dari kelas kecil hingga besar. Umumnya, desainer fokus pada aset merek yang mencakup logo, tipografi atau palet warna dan maskot.

Tujuan adanya identitas visual dalam suatu desain karya yaitu membedakan antara produk suatu merek bisnis dengan yang lain. Identitas visual biasanya memang sudah menggunakan seorang desainer yang profesional. Serta prosesnya dalam mendesain memiliki makna yang mewakili brand produk perusahaan.

Contoh karya grafis yang mengaplikasikan identitas visual adalah logo sebuah merek. Untuk merek Seperti merk sepatu yaitu Specs atau Nike, merek pakaian seperti hammer atau polo dan untuk logo media sosial seperti twitter atau tumblr.

2. Periklanan dan Pemasaran

Jenis desain yang ini memang bertujuan untuk mengenalkan dan memasarkan produk suatu perusahaan, agar masyarakat memiliki keinginan untuk membeli barang dagang tersebut. Contoh desain untuk periklanan yaitu flyer atau brosur, poster, banner, billboards atau katalog.

3. User Interface (UI)

Desain dari user interface adalah tentang bagaimana pengguna yang berinteraksi pada perangkat seluler atau desktop PC. Khusus untuk rancangan pada desain UI, fokusnya lebih ke pengalaman visual user serta elemen dasar sebuah desain.

Contoh karya yang mengaplikasikan User Interface (UI) adalah menu navigasi, desain aplikasi untuk desktop PC atau smartphone dan tema situs web.

4. Publikasi Desain

Desain publikasi terfokus pada industri rancangan yang mengaplikasikannya di media cetak. Contoh desain publikasi yang berhubungan dengan media cetak  misalnya, yaitu, koran, majalah, katalog dan sejenisnya.

Untuk jenis publikasi desain dengan media soft file contohnya seperti pdf atau e-book. Contoh dari desain dengan sistem publikasi yaitu buku, koran, dan laporan tahunan.

5. Desain Kemasan

Desain kemasan atau sering mengenalnya dengan packaging design merupakan salah satu jenis rancangan yang bertujuan untuk mempresentasikan sebuah brand produk tertentu. Biasanya, tidak hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan hingga distribusi.

Sebagai desainer kamu akan mengikuti alur proses pembuatan karya mulai dari konsepsi hingga tercipta file desain yang siap cetak. Untuk menciptakan sebuah desain kemasan, kamu harus memahami proses dasar dalam pembuatan produk hingga selesai, agar memahami hakikat yang nantinya untuk desain kemasan produk.

Contoh desain kemasan adalah logo beserta tulisan untuk sebuah produk makanan atau minuman. Biasanya desain pada kemasan berubah tergantung momen pada saat itu untuk menarik konsumen.

6. Motion Graphic

Karya grafis berikutnya merupakan gabungan antara tipografi, ilustrasi, video serta fotografi. Biasanya desain ini menggunakan aplikasi filmora dan sejenisnya. Popularitas dari motion graphic semakin meningkat seiring perkembangan teknologi dan internet.

Contoh dari aplikatif desain untuk jenis motion graphic antara lain seperti video dengan konten promosi, video tutorial, serta video untuk promo iklan.

7. Desain Grafis Lingkungan

Jenis dari karya grafis selanjutnya adalah rancangan lingkungan yang konsep utama dari desainnya yaitu bertujuan untuk mengkoneksikan orang-orang ke suatu tempat guna meningkatkan pengalaman spacing mereka secara menyeluruh.

Fungsi dari karya grafis lingkungan adalah mendesain tempat yang yang tidak sekedar indah dan menarik tapi juga unik. Contoh desain lingkungan yang sering kita jumpai adalah mural, desain interior, petunjuk jalan serta branding stadion dan kantor.

8. Seni dan Ilustrasi

Desain grafis bergenre seni dan ilustrasi biasanya karakteristik khusus yang berhubungan dengan komposisi yang dapat berkomunikasi dengan baik serta tepat dalam memecahkan sumber masalah.

Biasanya desainer seni dan ilustrasi membuat konten untuk karya seni secara original mulai dari proses drafting hingga digitalisasi. Contoh dari desain grafis berjenis seni dan ilustrasi adalah desain kaos, cover buku, infografis dan conceptual arts.

Aplikasi Desain Grafis

Rekomendasi beberapa aplikasi desain grafis yang bisa kamu gunakan baik untuk kelas pemula maupun profesional, antara lain, yaitu :

1. Adobe Photoshop

Produk desain yang satu ini tentunya sudah menjadi andalan sejuta umat tidak terkecuali para desainer grafis. Photoshop memiliki tools yang begitu kompleks sehingga mempermudah pekerjaan, baik oleh pemula maupun profesional.

2. Coreldraw

Software yang secara fungsi dan kegunaannya mirip dengan aplikasi desain grafis lainnya, terutama dengan adobe photoshop. Perbedaannya adalah coreldraw lebih tepat apabila membuat desain yang bersifat visual, seperti logo dan poster.

3. Adobe Illustrator

Aplikasi desain grafis yang satu ini melengkapi dirinya dengan berbagai tools yang mendukung pekerjaan kamu sebagai desainer. Mempermudah kamu untuk memberikan karya desain yang tidak hanya menarik namun juga unik.

Ilustrator mempunyai kemampuan yang sama dengan coreldraw, yaitu mampu memodifikasi suatu foto atau gambar yang berbasis vektor. Sehingga aplikasi ini menjadi alternatif apabila kamu tidak memiliki atau tidak familiar dengan coreldraw.

Prinsip Desain Grafis

Lima prinsip dasar dari desain grafis adalah sebagai berikut :

1. Kesatuan (Unity)

Unity adalah prinsip utama yang pertama yang memiliki definisi sebagai ukuran dari seberapa baik kualitas dalam setiap elemen dari sebuah karya desain yang kombinasi di dalamnya bertujuan terciptanya sebuah keselarasan.

2. Keseimbangan (Balance)

Balance adalah desain grafis yang pembagiannya sama berat secara visual. Prinsipnya yang utama yaitu menciptakan desain komunikasi serta estetika yang baik agar hasil karya desain tetap harmonis.

3. Proporsi (Proportion)

Proporsi merupakan prinsip utama dari desain yang menggunakan metode dengan perbandingan sistematis dan juga kuantitatif dalam sebuah bidang. Prinsip utamanya yaitu perbandingan antara bentuk elemen besar dengan elemen yang kecil.

Apabila, sebuah karya terdapat rasio yang tidak tepat maka tidak akan terjadi yang namanya membuat sebuah desain menjadi lebih nyaman untuk menikmatinya. Agar desain sebuah karya menjadi hal yang baik dan standar maka harus terlihat proporsional, baik mulai dari garis, bidang, hingga warna.

4. Irama (Rhythm)

Prinsip dasar desain grafis selanjutnya adalah irama. Pemahaman irama di sini yaitu pengulangan dari elemen visual dalam jarak tertentu yang membuat skema dan struktur pada design itu. Pengulangan dan variasi sebagai elemen khusus untuk membuat visual secara ritmis.

5. Dominasi

Dominasi merupakan prinsip dalam desain grafis yang cukup penting dalam sebuah karya atau desain, yang memiliki artian sebagai keunggulan, suatu unsur yang nantinya akan menjadikan suatu unsur menjadi center of art.

Tujuan utama dari dominasi yaitu menarik perhatian, memberikan efek tertentu agar terhindar dari kebosanan dan memberikan variasi dalam keteraturan.

Apakah Kamu Tertarik Melirik Job Sebagai Desain Grafis?

Berikut tadi, ulasan mengenai apa itu desain grafis. Melihat prinsip utama yang ada di dalamnya, desain grafis mirip dengan seniman karya seni yang tercipta dan tertuang dalam bentuk digital.

Nah, sekiranya sampai di sini dulu artikel tentang seluk beluk desain grafis ini. Terima kasih bagi kalian yang sudah membacanya. Semoga bermanfaat!


© PT FOKUS CITRA PRIMA