Membuat Logo Produk agar Bisnis Menjadi Terkenal, Caranya?

Share:
membuat logo produk

Dalam bisnis, salah satu elemen penting yang perlu kamu perhatikan adalah logo produk. Hal ini akan menjadi salah satu senjata kamu ketika melakukan branding. Itulah sebabnya, membuat logo produk tidak bisa asal-asalan. Bahkan ada banyak perusahaan yang rela mengeluarkan banyak uang untuk membuat logo tersebut.

Seberapa Pentingnya Logo dalam Bisnis

Selain untuk kebutuhan branding, pentingnya logo produk juga akan sangat bermanfaat sebagai identitas. Logo merupakan salah satu cara termudah untuk membuat orang kenal dengan bisnis kamu. Nantinya, hal ini juga akan menjadi semacam identitas bagi produk tersebut.

Selain itu, beberapa hal lain yang juga menjadi alasan pentingnya logo antara lain adalah :

1. Menjadi Pembeda dengan Kompetitor

Ketika kamu memiliki logo yang unik, maka ini akan menjadi salah satu cara untuk membuat bisnis kamu terlihat. Di sini, membuat logo produk akan menjadi salah satu cara untuk menciptakan perbedaan dengan kompetitor.

Tentunya selain unik, logo yang kamu miliki juga harus bagus dan memiliki arti. Konsumen akan merasa jika perusahaan yang memiliki logo baik juga akan sebanding dengan kinerja dan juga kualitas dari produknya.

2. Cara untuk Menarik Perhatian

Sebagian orang juga membuat logo sebagai salah satu cara untuk menarik perhatian. Terutama jika logo tersebut unik. Maka selain bisa untuk menarik perhatian logo ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk membuat orang penasaran.

3. Identitas dari Brand

Pentingnya logo produk juga akan sangat berpengaruh dengan identitas dari sebuah brand. Ada banyak orang yang sudah bisa tahu brandnya hanya dengan melihat bentuk logonya. Ini juga yang menjadi salah satu alasan mengapa ketika ada brand yang ingin membuat logo produk baru maka mereka perlu memikirkan dengan matang.

Dalam banyak hal, logo akan menjadi semacam wajah yang merepresentasikan dari bisnis itu sendiri. Logo juga akan menjadi cara untuk menarik perhatian dari orang. Terutama untuk konsumen baru, bisa saja kekuatan visual ini menjadi salah satu faktor yang membuat konsumen tersebut memilih produk kamu.

Bagaimana Cara Membuat Logo dengan Mudah?

Dengan semua fungsi dan kekuatannya, tentu membuat logo produk tidaklah bisa sembarangan. Setidaknya ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebagai cara membuat logo. Hal ini bertujuan agar maksud dan tujuan dari pembuatan logo kamu bisa terpenuhi

Adapun beberapa hal yang perlu kamu lakukan sebagai salah satu cara membuat logo antara lain adalah :

1. Cari Referensi Sebanyak Mungkin

Ketika kamu akan membuat logo maka hal ini akan kamu perlukan. Cara membuat logo produk dengan mencari banyak referensi bukan bertujuan untuk menjiplak. Hal ini bertujuan agar kamu bisa mendapatkan ide tentang logo yang akan kamu buat.

Dengan cara ini juga kamu akan tahu apa saja logo yang sudah ada dan belum. Dari sini juga kamu bisa menciptakan logo milik kamu sendiri.

2. Sesuaikan dengan Visi Bisnis Kamu

Cara membuat logo produk lainnya yang perlu kamu perhatikan adalah sesuaikan dengan visi bisnis kamu. Cara ini akan menjadi salah satu cara membuat logo menjadi mudah. Ketika kamu memiliki visi yang jelas, maka hal tersebut juga bisa kamu terjemahkan ke dalam logo yang akan kamu buat.

3. Memiliki Filosofi

Selain masalah visi, logo juga akan tercipta dari sebuah filosofi. Dengan adanya filosofi ini akan menunjukan jika logo yang kamu buat tidaklah asal jadi. Filosofi ini sendiri bisa tercerminkan dari berbagai macam hal. Seperti dari warna, bentuk huruf, gambar dalam logo, tulisan, dan lainnya. Semua elemen dalam logo tersebut sebaiknya kamu buat dengan penuh arti.

4. Buatlah Berbagai Rancangan

Ketika sedang memikirkan logo, maka sebaiknya kamu tidak hanya membuat satu rancangan saja. Akan lebih baik ketika kamu membuat logo produk maka kamu membuat beberapa rancangan. Nantinya hal ini bisa kamu gunakan sebagai perbandingan. Selain itu, dengan membuat banyak rancangan juga kamu bisa memberikan banyak alternatif pilihan.

5. Sederhana dan Mudah Diingat

Salah satu cara membuat logo produk yang juga perlu kamu ingat adalah buat dengan sederhana dan pastikan orang mudah mengingatnya. Semakin mudah untuk mengingatnya tentu akan semakin baik. Hal ini tentu akan berkaitan dengan logo sebagai identitas dari bisnis kamu. Pastikan orang bisa mengenali produk kamu hanya dengan melihat logonya saja.

Aplikasi untuk Membuat Logo Produk

Karena fungsinya yang sangat penting, tentu membuat logo produk tidak bisa sembarangan. Lalu bagaimana jika ingin membuat logo namun tidak bisa desain atau menggambar? Cara paling mudah tentu dengan menggunakan jasa pembuat logo.

Namun saat ini kamu juga bisa membuat logo produk dengan menggunakan beragam aplikasi. Setidaknya, cara membuat logo produk dengan menggunakan aplikasi ini bisa memudahkan kamu ketika akan membuat logo, meskipun kamu tidak terlalu jago dalam dunia gambar dan desain

Beberapa aplikasi tersebut antara lain adalah :

1. Logo Maker Pro

Aplikasi pertama yang bisa kamu gunakan untuk membuat logo produk adalah Logo Maker Pro. Aplikasi ini menyediakan berbagai template yang bisa kamu gunakan. Template yang tersedia juga cukup lengkap. Dari mulai frame, font, gambar, dan juga elemen lain yang kamu perlukan.

2. Canva

Aplikasi untuk membuat logo produk lainnya yang bisa juga kamu gunakan adalah Canva. Mungkin ini juga salah satu aplikasi untuk membuat logo yang sudah sangat banyak penggunanya. Selain menyediakan banyak template, kamu juga bisa membuat desain sendiri dengan menggunakan bermacam-macam tools.

Aplikasi ini juga bisa kamu gunakan untuk melakukan edit gambar. Sehingga, selain untuk membuat logo, aplikasi ini juga bisa kamu gunakan untuk membuat poster.

3. PixelLab

PixelLab juga merupakan salah satu aplikasi untuk membuat logo produk yang bisa kamu coba. Ada banyak fitur yang bisa kamu gunakan dan akan sangat mendukung untuk kebutuhan kamu membuat logo. Selain itu, kamu aplikasi ini juga memiliki keunggulan lain yaitu bisa menambah efek 3D.

4. Ibis Paint X

Jika kamu memiliki keahlian dalam dunia desain grafis, maka aplikasi untuk membuat logo produk yang bisa membantu kamu adalah ibis Paint X. Aplikasi ini tidak menyediakan template desain, sehingga kamu bisa bebas berkreasi.

Dengan segala macam tools, kamu bisa membuat berbagai macam logo yang unik dan tentu saja berbeda dari yang lain. Untuk masalah tampilan, aplikasi ini memiliki antarmuka yang cukup familiar. Sehingga kamu akan mudah ketika menggunakan aplikasi ini.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui ketika kamu akan membuat logo produk. Seperti sudah dijelaskan di atas pentingnya logo produk bisa menjadi salah satu cara untuk membuat bisnis kamu menjadi lebih terkenal. Maka oleh karena itu, dalam proses membuat logo produk pun kamu perlu memikirkannya dengan benar.


© PT FOKUS CITRA PRIMA