Kerajinan Tangan dari Bahan Bekas Unik dan Simpel

Share:
kerajinan tangan dari bahan bekas
ilustrasi gambar: pixabay.com

Kerajinan tangan merupakan bentuk dari hasil kreativitas yang dimiliki oleh seseorang. Kerajinan diciptakan tidak hanya menggunakan barang baru dengan harga yang mahal. Tetapi, kerajinan yang sebenarnya adalah barang yang memiliki nilai fungsi bahkan estetika dan terbuat dari barang bekas.

Sehingga hal inilah yang nantinya akan menjadi nilai unik dari sebuah karya yang diciptakan oleh seseorang. Terdapat banyak barang bekas yang dapat dialihfungsikan menjadi barang unik dan cantik yang memiliki nilai keindahan dan bisa Anda gunakan sebagai penghias ruangan atau penambah desain rumah.

Barang-barang tersebut dapat berupa botol bekas, plastik bekas, koran atau kertas bekas, dan semua barang yang bersifat bekas dan dinilai tidak berguna lagi. Lalu, apa sajakah wujud dari kerajinan ini? Simak penjelasan berikut ini.

Beberapa Kerajinan Tangan Simpel dan Mudah yang Bisa Anda Buat

Berikut bentuk dari barang bekas yang menjadi bahan utama dari sebuah karya, antara lain :

1. Kerajinan Wadah Pensil

Wadah pensil merupakan benda yang berguna sebagai tempat pensil dan jenis alat tulis lainnya. Baik itu akan digunakan pada saat sekolah atau sebagai tempat pensil ketika belajar di rumah. Umumnya wadah pensil ini terbuat dari bahan plastik, kain atau bahan yang lain.

Namun, Anda bisa mengkreasikan wadah pensil yang berasal dari botol minuman bekas atau wadah bedak tabur. Anda dapat melakukan modifikasi pada bagian tengah botol untuk membuat wadah pensil dalam posisi horizontal dan vertikal.

Untuk membuat wadah pensil dari botol bekas dalam posisi horizontal, Anda hanya perlu menggunakan botol dengan kedua sisi yang datar. Kemudian langkah selanjutnya, Anda dapat melubangi bagian tengah botol hingga terbuka menjadi setengah bagian.

Sedangkan untuk wadah pensil dalam posisi vertikal, Anda hanya perlu memotong botol menjadi 2 bagian hingga terpisah bagian kepala dan badan botol. Lalu tambahkan hiasan baik itu dari kertas bermotif, pita, atau memberikan sentuhan tangan berupa lukisan pada permukaan luar botol.

2. Kerajinan Lukisan dari Botol

Kerajinan tangan simpel dan mudah yang bisa Anda buat dari botol bekas adalah lukisan yang menggunakan bagian ekor botol dengan bentuk lengkungan sebagai alat bantu untuk menambahkan cat lukis pada papan lukis.

Langkah yang perlu Anda lakukan hanya dengan menapakkan bagian bawah botol dengan cat lukis yang terletak pada piringan. Setelah cat mengenai bagian bawah botol tepat pada bagian sudut-sudutnya maka tempelkan bagian botol tersebut pada papan lukis yang telah tersedia.

Sehingga motif dari bagian bawah botol secara otomatis akan tergambar pada papan lukis. Hal ini mampu menciptakan kerajinan tangan unik yang indah dan menawan namun memiliki modal yang kecil. Bentuk lukisan ini juga dapat Anda jadikan sebagai hiasan dinding atau bahkan menjadi objek pada pameran seni.

3. Kerajinan Hiasan Dinding dari Kaset

Kebanyakan orang beranggapan bahwa kaset atau CD yang sudah rusak sudah tidak bisa dipakai lagi. Dari segi fungsi CD yang sebenarnya pernyataan tersebut tidaklah salah.

Namun, dari segi yang lain, misalnya dinilai dari aspek seni, barang bekas yang satu ini masih mampu menjadi bahan utama dalam pembuatan kerajinan tangan yang bisa memanjakan mata.

Dengan adanya kondisi CD yang masih dalam bentuk utuh, Anda bisa memberikan dasar warna hitam pada piringan benda gepeng tersebut. Kemudian Anda bisa memberikan ukiran dengan melukis bagian permukaan CD yang telah berubah warna menjadi hitam.

Ukiran yang Anda berikan tersebut mampu menciptakan bentuk ukiran yang mengkilap seperti pada wujud CD pada umumnya di tengah-tengah warna hitam yang melingkupi permukaan benda tersebut.

Anda dapat membuat bentuk ukiran dengan jenis apapun baik itu bentuk abstrak, motif batik atau motif lainnya

4. Kerajinan Tangan Lampu Hias

Kerajinan dari bahan bekas selanjutnya yang bisa Anda buat adalah lampu hias dari botol bekas. Untuk membuat kerajinan yang satu ini Anda memerlukan beberapa botol bekas dengan model yang sama. Kemudian potonglah bagian ekor botol dan gabungkan dengan bagian ekor botol lainnya hingga membentuk lingkaran.

Setelah itu Anda dapat merekatkan rangkaian botol berbentuk lingkaran tersebut dengan bola lampu yang telah tersedia dan terletak pada penyangga tegak. Sehingga posisi lampu hias dapat berdiri dan bisa menjadi hiasan di meja belajar atau tempat lainnya.

Kerajinan tangan berupa lampu hias ini juga dapat Anda buat dengan bahan utama bambu yang dipotong secara meruncing. Kemudian untuk menampilkan cahaya lampu Anda perlu melubangi bagian permukaan bambu menggunakan solder atau obor dari kayu. Langkah terakhir, masukkan lampu beserta alat penyangganya ke dalam bambu

5. Kerajinan Tangan dari Batok Kelapa

Umumnya, batok kelapa akan dibuang atau dijadikan sebagai gayung mandi. Namun, Anda dapat membuat kerajinan dari bahan bekas menggunakan batok kelapa. bentuk karya seni tersebut dapat berupa hiasan meja berupa ukuran batok kelapa yang nantinya akan mengalami proses pemolesan untuk menambah nilai estetika.

Tidak hanya itu, batok kelapa juga bisa dibuat sebagai mainan anak, gantungan kunci, teko, gelas atau cangkir, hingga mangkuk. Tidak hanya itu, bahan yang biasanya dibuang ini ternyata bisa dialihfungsikan menjadi tas.

Untuk membuat kerajinan tangan unik tersebut Anda perlu menghubungkan dua buah batok kelapa berbentuk setengah lingkaran hingga menjadi bentuk bola sepenuhnya. Penghubung dari kedua batok kelapa tersebut berupa resleting yang nantinya bisa Anda pasangkan pada bagian sisi batok kelapa.

Kemudian Anda perlu menambahkan pengait atau pegangan tas baik itu menggunakan rangkaian kayu atau pernak-pernik lainnya.

6. Kerajinan Dompet dari Botol

Bentuk kerajinan tangan yang dapat Anda buat selanjutnya adalah dompet dari botol. Hal ini tentunya memiliki prinsip yang sama pada proses pembuatannya dengan pembuatan dompet batok kelapa.

Hanya saja pada proses pembuatan dompet dari botol plastik ini memiliki tingkat kesukaran yang lebih rendah. Sehingga proses pengerjaannya pun lebih cepat.

7. Gantungan Kunci dari Botol Bekas

Kerajinan tangan simpel dan mudah berikutnya adalah gantungan kunci dari botol bekas. Dalam pembuatannya, Anda hanya perlu memotong bagian badan botol bekas menjadi pola tertentu. Kemudian berikan warna yang Anda inginkan pada pola yang telah terpotong.

Setelah itu Anda dapat menggabungkan pola satu dengan pola lainnya menggunakan benang dengan warna yang senada dan tambahan pernak-pernik untuk menambah kesan estetika pada gantungan kunci yang Anda buat. Dan terakhir, berikan kaitan gantungan kunci pada bagian atas hiasan.

Kerajinan Tangan Manakah Pilihan Anda?

Uraian tersebut merupakan penjelasan mengenai berbagai bentuk kreasi kerajinan dari barang bekas yang dapat Anda buat dengan mudah dan simpel. Lalu, kerajinan tangan unik manakah yang menjadi pilihan Anda? Buatlah kerajinan barang bekas sesuai kreasi dan minat yang Anda inginkan. Sehingga hasilnya pun akan memuaskan. Selamat mencoba dan bersenang-senang


© PT FOKUS CITRA PRIMA