Pengertian Atap Fiberglass Dalam Konstruksi Rumah


Share:
pengertian atap fiberglass

Memahami pengertian atap fiberglass sangat diperlukan sebelum Anda memilih bahan ini sebagai atap di rumah. Pemilihan atap tidak boleh dilakukan sembarangan karena rawan mengalami kerusakan akibat terkena sinar matahari dan air hujan.

Salah dalam memilih bahan atap tentu akan membuat Anda merugi dan kesulitan jika atap mengalami kerusakan. Oleh karena itu, penting untuk menyimak ulasan tentang atap yang terbuat dari fiberglass agar tidak salah dalam memilih atap rumah.

Pengertian Atap Fiberglass untuk Rumah

Atap adalah bagian atas atau pelindung suatu bangunan dari sinar matahari dan air hujan. Banyak bahan yang bisa digunakan dalam pembuatan atap, mulai dari tanah liat, besi, asbes, fiberglass dan lain sebagainya.

Dalam artikel ini, kita akan membahas atap yang terbuat dari salah satu bahan terbaik, yaitu fiberglass. Pengertian atap fiberglass menunjukkan bahan yang kuat dan transparan jadi cocok untuk memberikan pencahayaan alami di dalam rumah.

Penggunaan bahan fiberlass membuat atap rumah menjadi lebih berkualitas, awet dan memiliki sisi estetika. Bahan dasar dari atap fiberglass adalah serat kaca dan fiber polyester yang memiliki daya tahan terhadap cuaca ekstrem.

Jenis Atap Fiberglass yang Bervariasi

Setelah mengetahui pengertian atap fiberglass, selanjutnya kita akan membahas tentang jenis atap fiberglass. Sebenarnya ada banyak jenis atap fiberglass yang beredar di pasaran, tapi ada dua jenis yang paling sering digunakan.

Jenis tersebut adalah fiber gelombang dan fiber flat. Selain dari bentuk atau wujudnya, atap fiberglass juga memiliki variasi lainnya berdasarkan warnanya, yaitu fiber transparan dan fiber solid atau opaque.

Untuk fiber gelombang, masih ada variasi lagi, yaitu jarak gelombang besar dan gelombang kecil jadi Anda bisa memilih sendiri jenis atap fiberglass seperti apa yang dibutuhkan karena tersedia banyak jenis dan variasinya.

Ukuran Atap Fiberglass yang Biasa Digunakan

Pada pengertian atap fiberglass mungkin belum terlihat jelas berapa ukuran yang biasa digunakan. Untuk urusan ukuran, tergantung pada jenis dan merek dari atap fiberglass jadi Anda harus mencari informasi lebih lanjut sesuai variasinya.

Beberapa toko menjual atap fiberglass dalam bentuk lembaran sehingga Anda tinggal meminta berapa ukuran yang dibutuhkan. Selain itu, ada juga toko yang menyediakan atap fiberglass dengan ukuran tertentu.

Pada umumnya, atap fiberglass yang ada di pasaran tersedia dalam ketebalan 1-2mm. Sementara, untuk panjang biasanya dibuat maksimum mencapai 12meter, tergantung dengan masing-masing toko dan merek atap fiberglass.

Kelebihan Atap Fiberglass untuk Konstruksi Rumah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa banyak bahan yang bisa digunakan dalam pembuatan atap rumah dan salah satunya adalah fiberglass. Bahkan, bisa dikatakan bahwa atap fiberglass merupakan pilihan terbaik untuk atap rumah.

Tidak heran jika kemudian banyak orang lebih memilih atap fiberglass dibanding atap dengan bahan lainnya. Hal ini tentu saja berkaitan dengan kelebihan yang dimiliki bahan fiberglass sebagai atap yang berkualitas.

Bukan hanya pengertian atap fiberglass yang harus diperhatikan, tapi juga kelebihan yang dimilikinya. Dengan begitu, Anda akan semakin yakin untuk menggunakan atap fiberglass sebagai pilihan yang tepat dan berikut beberapa kelebihannya.

1. Instalasi Cepat dan Praktis

Pada dasarnya, pemasangan atap rumah membutuhkan teknik dan usaha lebih, apapun bahan yang digunakan. Hal ini dikarenakan pemasangan atap rumah berada di atas jadi bagian bawahnya harus kuat dan diperlukan alat khusus untuk mencapai.

Penggunaan atap fiberglass bisa membantu pemasangan atau instalasi menjadi lebih cepat dan praktis. Meskipun tetap membutuhkan alat khusus untuk mencapai ketinggian atap rumah, tapi bobot yang ringan membuatnya mudah dibawa.

Setelah dibawa ke atas, pemasangan atap fiberglass tidak membutuhkan waktu dan tenaga lebih. Tidak heran jika banyak orang memilih bahan fiberglass dalam pembuatan atap rumah.

2. Antibocor, Antikarat dan Antibising

Atap rumah menjadi bagian yang rentan mengalami kerusakan karena selalu terpapar sinar matahari dan air hujan. Kualitas atap yang kurang baik tentu membuat atap lebih mudah rusak, berbeda dengan bahan fiberglass.

Berdasarkan pengertian atap fiberglass, dapat diketahui bahwa bahan ini memiliki kekuatan yang baik. Beberapa alasan mengapa bahan fiberglass sering digunakan dalam pembuatan atap karena sifatnya yang antibocor, antikarat dan antibising.

Ketiga sifat tersebut membuat atap semakin tahan lama karena tidak mudah rusak saat terkena air hujan dan bisa meredam suara dari luar. Oleh karena itu, kebisingan yang ada di luar tidak akan mengganggu ketenangan di dalam rumah.

3. Ruangan Tetap Sejuk

Atap rumah yang terlalu rapat dan menutup cahaya matahari akan membuat ruangan terasa pengap dan kurang nyaman. Berbeda jika cahaya matahari bisa masuk ke dalam rumah maka ruangan akan terasa lebih sejuk.

Hal inilah yang akan Anda dapatkan dari penggunaan atap fiberglass di rumah. Mungkin, tidak harus semua bagian atap menggunakan bahan fiberglass tapi Anda bisa menempatkan atap tersebut di ruang-ruang tertentu, misalnya dapur.

Dari pengertian atap fiberglass dikatakan bahwa bahan ini transparan sehingga memungkinkan sinar matahari masuk. Dengan begitu, suasana rumah akan terasa lebih sejuk dan tidak pengap.

4. Tampilan Menarik dan Modern

Selain memperhatikan kualitasnya, pemilihan bahan atap rumah tentu juga harus memperhatikan sisi estetika. Khususnya bagi Anda yang ingin memiliki rumah dengan desain yang menarik dan unik.

Menggunakan genteng atau besi ringan sebagai atap terlihat biasa sehingga Anda bisa menggantinya dengan bahan lain, seperti fiberglass. Salah satu kelebihan dari bahan fiberglass adalah memiliki tampilan yang menarik dan modern.

Atap yang terbuat dari fiberglass akan terlihat lebih modern jadi cocok untuk desain rumah minimalis. Apalagi dengan banyaknya variasi atap fiberglass yang bisa Anda jumpai di pasaran, mulai dari flat dan bergelombang serta variasi warna.

5. Perawatan Relatif Mudah

Siapa bilang atap yang berkualitas membutuhkan perawatan yang sulit? Justru atap fiberglass ini tidak membutuhkan perawatan khusus jadi Anda tidak perlu susah-susah memperhatikan kondisi atap setelah dilakukan pemasangan.

Bahan lain mungkin harus diganti apabila terjadi kerusakan, tapi atap fiberglass bisa dilakukan perbaikan, yaitu dengan menambal bagian yang rusak.

Dengan begitu, Anda bisa lebih menghemat pengeluaran untuk perawatan atap rumah. Itulah mengapa banyak orang yang beralih ke atap fiberglass karena banyaknya kelebihan yang dimilikinya.

Harga Pasaran dari Atap Fiberglass

Setelah mengetahui berbagai kelebihan yang dimiliki bahan fiberglass sebagai atap rumah, pasti Anda ingin segera membelinya. Sebelum itu, pastikan Anda mengetahui berapa harga pasaran dari atap fiberglass agar bisa disesuaikan dengan budget.

Umumnya, harga pasaran dari atap fiberglass per lembarnya mulai dari ratusan ribu rupiah sampai jutaan. Perbedaan harga fiberglass ini dipengaruhi oleh variasi yang dipilih, ketebalan dan ukuran atap per lembar yang diinginkan.

Atap fiberglass bening memiliki harga yang paling murah, sedangkan harga paling mahalnya adalah atap fiberglass warna. Selain itu, semakin tebal atap fiberglass maka harganya juga semakin mahal.

Bagi Anda yang sedang mencari atap fiberglass, pastikan untuk memilih penyedia atap fiberglass terpercaya. Dengan memahami pengertian atap fiberglass beserta penjelasan lainnya membuat Anda lebih mudah menemukan produk terbaik.


PT. FOKUS CITRA PRIMA