Bahan Konstruksi Bangunan Alternatif Menggunakan Fiberglass


Share:
bahan konstruksi bangunan

Pemilihan bahan konstruksi bangunan tentu semakin bervariasi dengan banyaknya teknologi terbaru. Semakin banyak bahan alternatif yang dapat digunakan selain menggunakan kayu dan besi misalnya.

Hal seperti ini tentu harus dilihat secara menyeluruh karena tidak selamanya dua bahan tersebut bisa ditemukan secara terjangkau. Terutama di Indonesia dimana konstruksi bangunan selalu menggunakan material berat.

Ketika penggunaan material seperti itu sudah tidak relevan terhadap keadaan tentu membutuhkan solusi alternatif. Apalagi sekarang desain dari bangunan sudah semakin bervariasi karena pengaruh budaya.

Jadi fiberglass dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif karena memiliki aspek fleksibilitas tinggi. Bahan tersebut dapat dibentuk sesuai dengan kebutuhan para penggunanya secara mudah.

Harga yang diperlukan untuk memproduksi dan penjualan juga sangat terjangkau. Sehingga jika seseorang ingin menggunakan material murah maka fiberglass dapat menjadi rekomendasi terbaik.

Namun sayangnya karena sifat bahan yang kurang kuat tentu penggunaannya dalam sebuah pembangunan cukup terbatas. Fiberglass tidak bisa dijadikan sebagai konstruksi utama dalam pembangunan rumah.

Namun penggunaannya lebih berfokus pada bentuk dekoratif dari interior maupun eksterior. Meskipun ada juga fungsional jangka panjang yang dapat digunakan dengan menggunakan material fleksibel ini.

Tentu dengan mengetahui bentuk apa saja yang bisa dibuat Anda dapat menjadikannya sebagai referensi ketika memilih desain. Jadi material yang digunakan untuk rumah tidak terlalu monoton.

Rangka Pintu Menggunakan Bahan Konstruksi Bangunan Fiberglass

Sebenarnya tidak hanya rangka saja, namun seluruh bagian daun pintu dapat menggunakan fiberglass. Penggunaannya sekarang juga semakin banyak diminati karena banyaknya pilihan desain.

Sekarang juga banyak arsitek yang memberikan desain hunian dengan detail lebih bagus. Sehingga penggunaan material fleksibel seperti ini menjadi pilihan paling mudah ketika dikerjakan nanti.

Untuk urusan kekuatan sendiri tidak jauh berbeda sebenarnya ketika digunakan sebagai pintu. Bahan konstruksi bangunan daun pintu dari fiberglass tetap awet digunakan dalam jangka panjang.

Selling poin tertinggi dari penggunaan fiber adalah fleksibilitas desain yang dapat diterapkan. Sehingga Anda bisa memilih bentuk unik pada desain tertentu untuk diterapkan dalam hunian.

Tentu mendapatkan keunikan seperti ini bisa menjadikan salah satu nilai tambah dalam aspek estetika. Sehingga hunian Anda akan terlihat berbeda dengan lainnya ketika dilihat dari sisi artistik.

Pembentukannya yang mudah juga membuat harga pembuatan dari daun pintu seperti ini relatif lebih murah. Bahkan di tangan para pengrajin handal konsumen bisa memperoleh kualitas maksimal.

Tentu jauh berbeda ketika dibandingkan dengan pintu kayu pada umumnya. Desainnya jauh lebih variatif dan paling penting akan kebal terhadap rayap. Jadi pengguna dapat memutuskan untuk menggunakannya.

Ketika sudah mengetahui kelebihan tersebut tentu Anda dapat memutuskan untuk menggunakan produk. Jika dihitung dalam jangka panjang pembuat rumah akan mendapatkan keuntungan lebih.

Bahan Konstruksi Bangunan Fiberglass untuk Pembuatan Atap

Fiberglass ketika digunakan sebagai atap memang tidak akan menjadi atap utama. Sekali lagi faktor durabilitas menjadi penahan dari penggunaan secara masif dari fiberglass itu sendiri.

Jadi lebih banyak digunakan sebagai atap aksesoris seperti kanopi di driveway. Pada desain bangunan tertentu penggunaannya bahkan bisa lebih universal karena menggunakan sistem ganda.

Jadi terdapat bagian yang dibuat secara transparan agar sinar matahari tetap bisa masuk. Biasanya ini dilakukan pada hunian menggunakan desain kontemporer dan bertema industrial.

Penggunaan bahan konstruksi bangunan yang tepat nantinya bisa memberikan sensasi ruangan yang unik. Tidak hanya pada hunian ini tentu akan semakin luas digunakan untuk kebutuhan desain dekorasi.

Biasanya cafe menggunakan tema industrial menggunakan material tersebut agar dapat memberikan kesan unik. Hal tersebut tentu memiliki tujuan untuk menarik pelanggan karena tempatnya bagus.

Dari segi daya tahan sendiri sayangnya properti ini tidak terlalu bagus untuk atap luar utama. Fiberglass bisa terkikis dan membuatnya rapuh ketika terkena paparan cuaca luar secara langsung.

Apalagi melihat suhu tinggi negara tropis seperti di Indonesia maka penggunaannya di luar cukup terbatas. Hingga sekarang masih belum ada bahan tambahan yang bisa digunakan untuk meningkatkan ketahannya.

Oleh karena itu hanya desain tertentu yang menggunakannya sebagai atap bagian luar. Pada umumnya fiberglass untuk atap lebih sering digunakan sebagai aksesoris tambahan untuk meningkatkan aspek artistik.

Bahan Konstruksi Bangunan Fiberglass untuk Pembuatan Interior

Fiberglass adalah rajanya bahan interior rumah tangga. Berbagai perabotan dapat dibuat secara mudah ketika menggunakannya. Bahkan harganya bisa lebih murah dibandingkan perabotan pada umumnya.

Ketika digunakan dalam ruangan fiberglass dapat bertahan dalam jangka panjang. Hal tersebut tentu sangat menguntungkan ketika Anda menginginkan sesuatu yang tidak cepat rusak termakan usia.

Karena proses pembentukannya yang mudah maka pengguna juga bebas menentukan desain perabotan keinginannya. Biasanya jika digunakan sebagai perabotan interior fiber akan menjadi meja, kursi, dan lemari.

Namun penggunaan bahan konstruksi bangunan ini tidak terbatas pada hal itu saja. Masih banyak perabotan rumah yang dapat dibuat menggunakan material fleksibel. Salah satu contohnya adalah kitchen set.

Pada bagian tertentu seperti lemari gantung penggunaan material ringan akan membuat daya tahannya semakin bagus. Hal tersebut karena beban dari lemari tidak akan membuatnya terlalu terkekang.

Ketika lemari gantung terkekang oleh bebannya sendiri maka nantinya akan mudah terjadi kerusakan. Bahkan untuk bagian dinding sendiri penggunaan peralatan berat sebenarnya kurang direkomendasikan.

Karena nantinya mampu mempengaruhi kekokohan dinding itu sendiri. Ketika menggunakan perabotan dengan beban ringan seperti dari fiberglass maka hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan oleh pemilik hunian.

Selain penggunaannya sebagai lemari gantung, bahan ringan juga bagus ketika digunakan sebagai dekorasi seperti vas. Tidak hanya vas saja bahkan lemari televisi dan komputer juga bisa terbuat dari properti ini.

Apabila Anda menginginkan daya tahan tinggi dan desain yang bervariasi tentu saja memilih properti alternatif sangat dianjurkan. Jadi pemilik bisa lebih bebas dalam menentukan desain sesuai tema interior.

Ketahanan Bahan Konstruksi Bangunan Fiberglass untuk Daerah Tropis

Ketahanan dari fiberglass ketika digunakan sebagai fungsi luar ruangan tentunya kurang baik. Cuaca panas di Indonesia dan curah hujan tinggi bisa mempercepat proses pelapukan pada komponennya.

Ini adalah kelemahan utama ketika hendak menggunakan fiberglass. Namun ketika digunakan sebagai bahan lain seperti tandon atau saluran air luar ruangan hal tersebut dapat dicegah.

Alasannya adalah disipasi panas yang bagus ketika properti di dalamnya terdapat zat cair. Apabila disipasi panas pada perabotan dapat dimitigasi maka faktor percepatan pelapukan juga akan lebih rendah.

Hal tersebut adalah alasan mengapa fiber sering digunakan untuk perlengkapan luar ruangan yang identik dengan air. Ketahanannya akan lebih baik pada saat disipasi panas berjalan secara optimal.

Untuk kebutuhan interior sendiri ini adalah salah satu properti paling bagus digunakan. Meskipun suhu ruangan cukup tinggi di negara tropis namun radiasi sinar matahari langsung tidak akan terjadi ketika berada di dalam ruangan.

Sehingga ketahanan dari bahan tetap bertahan lebih lama apabila tidak terkena cahaya matahari langsung. Hal seperti ini tentu bisa dijadikan salah satu pertimbangan ketika hendak menggunakan desain hunian tertentu.

Ruangan dengan tema kontemporer dan industrialis biasanya menggunakan properti serupa. Sehingga pengguna nantinya tidak perlu khawatir apakah bahan dapat bertahan lama atau tidak.

Biasanya ketika digunakan dalam ruangan dengan tema kontemporer dan industrialis fiber akan dekat dengan besi. Kedua bahan ini memang identik dengan peradaban lebih maju dan desain futuristik.

Ketika sudah memahami bagaimana performa, kecocokan, dan daya tahan dari fiber tentu Anda bisa menjadikannya sebagai referensi. Bahan konstruksi bangunan fleksibel seperti ini perlu lebih banyak digunakan dalam desain hunian.


PT. FOKUS CITRA PRIMA